Banjir Incar Padi Warga

Banjir Incar Padi Warga

  Sabtu, 13 February 2016 08:47

Berita Terkait

PONTIANAK - Guyuran hujan lebat dan deras disertai angin kencang masih memungkinkan terjadi pada sejumlah daerah di Kalimantan Barat. Kemarin saja, guyuran hujan deras disertai angin kencang sampai menerbangkan rumah warga meski dalam kondisi tidak rusak berat. Itu terjadi di Desa Pulau Limbung, Kecamatan Sungai Raya, Kubu Raya.“Memang ada hanya satu atau dua rumah atapnya terbang. Tetapi rumahnya umumnya terbuat dari atap sagu. Angin kencang kemarinlah yang menyebabkan atau rumah terbang,” ungkap Amin (45), warga Desa Pulau Limbung, Sungai Raya, Kubu Raya via telepon kemarin.

Meskipun terbang, tetapi serbuan angin kencang tidak membuat pondasi bangunan rumah sampai roboh. Pasalnya yang punya rumah bersama tetangga langsung berinisiatif memperbaiki setelah hujan selesai turun. ”Sekarang sudah bagus. Jadi tak perlu dibesar-besarkan,” lanjut Amin kembali.Mochtar, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPD) Kubu Raya menambahkan guyuran hujan lebat beberapa hari kemarin memang sempat merendam wilayah rendah. Tidak hanya rumah warga, kabarnya lahan pertanian dan kebun masyarakat juga banyak terendam. Hanya berapa banyak terendam belum ada kepastian. ”Hanya rumah warga kami sudah dapat laporan. Untuk lahan padi sangat mungkin juga banyak terendam. Hanya belum ada laporan,” ujarnya kemarin.

Deby, Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Supadio Pontianak mengatakan untuk peringatan dini cuaca di Kalbar pada 10 februari tahun 2016 pukul 16.00 Wib. ”Hujan masih berpotensi terjadi. Intensitasnya dari hujan sedang dan lebat. Hanya waspada saja kilat dan petir disertai angin kencang dengan durasi singkat memungkinkan terjadi” ujarnya.

Wilayah-wilayah rendah tersebut diantaranya di Kabupaten Kubu Raya, Kayong Utara (Tanjung Satai, Teluk Batang, Teluk Melano). Sementara Kabupaten Mempawah sebarannya terjadi di (Jungkat dan Menjalin). Untuk Kabupaten  Bengkayang dengan  Landak sebarannya di daerah Sebangki, Pahauman, Mandor dengan Tayan dan sekitar.  “Kondisi ini diperkirakan masih berlangsung hingga pukul 18.00 Wib dan n meluas ke Kabupaten Sanggau,” ungkap dia.

Sehari sebelumnya BMKG juga mengeluarkan release mengenai peringatan cuaca. Sebelumnya hujan sedang dan lebat disertai angin kencang menerpa wilayah Pontianak dan Kubu Raya hingga malam hari. Sementara di wilayah lainnya seperti Kayong Utara, Mempawah, Bengkayang, Landak dan sekitar juga terjadi.  “Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung. Sebab Kalbar memang tengah dilanda musim hujan,” tuturnya.(den)

Berita Terkait