Bangun Wisata, Bangun juga SDM Warga , Workshop Pengembangan Sistem Sadar Wisata

Bangun Wisata, Bangun juga SDM Warga , Workshop Pengembangan Sistem Sadar Wisata

  Selasa, 1 December 2015 09:23
WORKSHOP: Kegiatan Workshop Pengembangan Sistem Sadar Wisata dan Sapta Pesona di Kabupaten Kayong Utara, yang diselanggarakan di Hotel Mahkota Kayong Sukadana, belum lama ini. DANANG PARSETYO/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SUKADANA – Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga (Disbudparpora) Kabupaten Kayong Utara Mas Yuliandi mengingatkan bahwa Kayong Utara merupakan salah satu tujunan wisata di Provinsi Kalbar. Dengan kondisi tersebut, menurut dia, tentunya juga harus mempersiapkan pembedayaan masyarakat dalam rangka mendukung kegiatan wisatanya.

 Diingatkan dia, untuk para pelaku wisata sendiri secara tidak langsung adalah masyarakat itu sendiri. Salah satunya, dimisalkan dia seperti usaha rumah makan. Apalagi, dia mengingatkan, tidak lama lagi pada 2016 mendatang, daerah ini akan menyelanggarakan Sail Selat Karimata.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini, dan selanjutnya dapat berjalan dengan baik, serta dapat bermanfaat bagi para pelaku usaha di destinasi wisata. Karena dengan adanya kegiatan ini, dan turut melibatkan para pelaku usaha, baik rumah makan, dan para UMKM lainnya, dapat mempersiapkan diri, apa saja yang harus dilakukan. Tentunya ini semua harapan kita bersama, kepada semua para pelaku usaha telah siap pada saat diselengarakannya kegiatan Sail Selat Karimata nantinya,” harap Yuliandi saat membuka Workshop Pengembangan Sistem Sadar Wisata dan Sapta Pesona di Kabupaten Kayong Utara, yang diselanggarakan di Hotel Mahkota Kayong Sukadana, belum lama ini.

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Kalbar berkerja sama dengan Disbudparpora Kabupaten Kayong Utara mengelar workshop dalam rangka gerakan sadar wisata ini. Kegiatan dibagi menjadi dua kelompok, sebagai program dari Kementerian Pariwisata. Pada kegiatan Workshop yang dibagi menjadi dua kelompok tersebut diselenggarakan secara bersamaan di Hotel Mahkota Kayong dan Aula Bank Kalbar.

“Saat ini kita mengadakan dua workshop yang  kita selenggarakan. Pertama, membahas tentang peningkatan kapasitas usaha masyarakat destinasi pariwisata, dan  Kedua, pengembangan sistem sadar wisata dan sapta pesona Kabupaten Kayong Utara,” ungkap Deviana Fadlan, kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Pariwisata Provinsi Kalbar.

Ia menambahkan, mengenai peningkatkan kapasitas usaha masyarakat destinasi pariwisata, untuk pesertanya merupakan UMKM di sekitar objek wisata. Sedangkan untuk pengembangan sistem sadar wisata dan sapta pesona, menurut dia, bervariasi pesertanya, termasuk para SKPD, bertujuan untuk pemahaman tentang komponen masyarakat tentang sadar wisata dan sapta pesona.

“Jika kita melihat, untuk potensi pariwisata di Kabupaten Kayong Utara ini tentunya sangat memiliki dua potensi wisata, yakni wisata bahari dan wisata daratnya, yang masih belum berimbang. Untuk itu, kita adakan di sini (Kayong Utara, Red) terlebih pada tahun 2016 mendatang, daerah ini akan mejadi pusat yang akan diselenggarakannya kegitan Sail Selat Karimata. Dan kita semua tentunya dalam pelaksanaannya nanti, dapat berjalan dengan sesuai apa yang kita harapkan bersama,” ungkapnya. (dan)

 

Berita Terkait