Bangun Rumtu Bersalin

Bangun Rumtu Bersalin

  Sabtu, 15 Oktober 2016 09:49

Berita Terkait

SANGGAU-Puskesmas Bonti bersama pemerintah desa dan kecamatan membangun Rumah Tunggu (Rumtu) Bersalin. Bagi  ibu yang selesai melakukan persalinan, sebelum pulang ke rumahnya akan disinggahkan terlebih dahulu ditempat tersebut.

“Mereka akan mendapat perawatan dan perhatian dari petugas kesehatan sampai ibu dan bayi sudah sehat dan mampu pulang ke rumah,” ujar Petugas Puskesmas Bonti, Husna, kemarin.

Rumtu bersalin ini diberi nama Buntat Kasih. Pembangunan rumtu ini didukung  oleh  pemerintah pusat melalui dana Jaminan Persalinan (jampersal). Lokasi pembangunannya juga tidak jaug dari puskesmas yang ada ditempat tersebut. “Kita disini mempersiapkan lokasi dan tempat yang jaraknya tidak jauh dari puskesmas. Untuk Desa Bonti  mulai beroperasi sejak bulan September 2016. Rencananya akan dibentuk juga disetiap desa yang lain,” katanya.

Bupati Sanggau, Paolus Hadi mengaku sangat menyambut baik dengan adanya rumtu tersebut dan berharap agar benar-benar diperhatikan serta dilengkapi dengan segala  fasilitas pendukungnya. “Rumtu ini harus dikelola dengan baik dan berikan pelayanan sebaik-baiknya kepada masyarakat dan yang terpenting adalah keberlangsungan rumah ini jangan sampai berfungsi hanya  satu dua tahun saja,” tegas Paolus saat meninjau langsung rumtu tersebut. (sgg)

Berita Terkait