Bangun Kemandirian Pangan

Bangun Kemandirian Pangan

  Selasa, 9 Agustus 2016 09:26
Gandhi Setyagraha

Berita Terkait

KUBU RAYA – Dinas Pertanian dan Peternakan Kubu Raya saat ini tengah berusaha membangun kemandirian pangan dengan memanfaatkan pekarangan rumah bagi masyarakat Kubu Raya.  “Membangun kemandirian pangan bisa dimulai dari lingkungan terkecil seperti lingkungan sekitar rumah. Dengan memanfaatkan sisa lahan pekarangan yang ada maka secara tak langsung memberikan konstribusi bagi warga yang bersangkutan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kubu Raya, Gandhi Setyagraha, kepada wartawan, Senin (8/8).

 
Dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat memanfaatkan perkarangan rumahnya bukan  perkara mudah, karena dibutuhkan kesadaran dari masyarakat itu sendiri. “Kami dari pemerintah Kubu Raya akan tertap mendorong hal itu. Untuk itu kami minta kepada RT/RW dan pemeirntah tingkat desa untuk bisa mengajak masyarakatnya memanfaatkan perkarangan rumah dalam menumbuhkan kemandirian pangan,” ucapnya.

Dia menilai, saat ini, ketahanan pangan telah menjadi isu global. Kata Gandhi, terpenuhinya kebutuhan pangan bagi setiap rumah tangga merupakan tujuan sekaligus sebagai sasaran dari ketahanan pangan yang ada di daerah maupun secara nasional. Karenanya, pemantapan ketahanan pangan dapat dilakukan melalui pemantapan ketahanan pangan di tingkat rumah tangga.

“Meski begitu, disadari bahwa perwujudan ketahanan pangan perlu memperhatikan sistem hierarki mulai dari tingkat global, nasional, regional, wilayah, rumah tangga dan individu, tersedianya pangan yang cukup secara nasional maupun wilayah merupakan syarat keharusan dari terwujudnya ketahanan pangan nasional,” ucapnya.  

Gandhi mengatakan, itu juga tidak cukup, syarat kecukupan yang harus dipenuhi adalah terpenuhinya kebutuhan pangan di tingkat rumah tangga atau individu.  Dengan potensi yang ada, lanjutnya, Kubu Raya memiliki sumber daya hayati yang sangat kaya.

Oleh karena itu salah satu upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan dan gizi keluarga dapat dilakukan melalui pemanfaatkan sumberdaya yang tersedia maupun yang dapat disediakan di lingkungannya. “Upaya tersebut dapat dilakukan melalui pemanfaatan lahan pekarangan yang dikelola oleh rumah tangga,” pungkasnya. (ash)

Berita Terkait