Bangun Kawasan Pedesaan

Bangun Kawasan Pedesaan

  Selasa, 25 Oktober 2016 09:30
RANCANGAN: Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus saat menghadiri (FGD) penyusunan Rancangan Pembangunan Kawasan Pedesaan (RPKP) Agropolitan Rasau Jaya. humas pemkab

Berita Terkait

KUBU RAYA –  Wakil Bupati Kubu Raya Hermanus mengatakan perencanaan pembangunan kawasan perdesaan, pembangunan sarana dan prasarana kawasan perdesaaan dan pembangunan ekonomi kawasan perdesaan erat kaitannya dengan program membangun dari pinggiran khususnya pada kawasan perdesaan yang selama ini cenderung terabaikan. 

“Adanya koordinasi yang dilakukan kegiatan ini kita akan lebih focus pada pengembangan kawasan perdesaan dengan mengacu pada potensi yang ada, seperti Rasau Jaya ini, yang difokuskan pada Pengembangan Desa Agropolitan,” kata Hermanus saat menghadiri Focus Group Discussion (FGD) penyusunan Rancangan Pembangunan Kawasan Pedesaan (RPKP) Agropolitan Rasau Jaya yang digelar Badan Perencanaan Pembangunan Kubu Raya, Senin (24/10) di Hotel Randayan.

Dia menilai Kecamatan Rasau Jaya merupakan master plan pengembangan perdesaan agropolitan. Penyususnan RPKP tersebut merupakan langkah dalam menyusun kegiatan dan kebutuhan anggaran yang membutuhkan langkah-langkah dan tindak lanjut. 

Untuk itu, data dan informasi kawasan perdesaan hasil fasilitasi tahun 2016 ini, diharapkan dapat menjadi instrument dalam membangun koordinasi dengan berbagai pihak terkait dengan upaya bersama dalam membangun desa pada level kawasan perdesaan. 

“Sebagai suatu pendekatan, pembangunan kawasan perdesaan memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan pembangunan masyarakat Desa melalui pendekatan pembangunan partisipatif,” ujar Hermanus.

Dikesempatan yang sama, Hermanus menambahkan, penyusunan master plan harus sinkron dengan RPJMD yang sudah ada, karena RPJMD merupakan induk dari perencanaan daerah.  “Pembangunan desa ada dua pendekatan, yaitu desa membangun dan membangun desa. Tujuan utama dari pembangunan perdesaan adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan berbagai macam metode seperti pengembangan ekonomi lokal dan pemberdayaan masyarakat,” pungkasnya. (ash) 

Berita Terkait