Bangun IPLT Rp3,4 Miliar

Bangun IPLT Rp3,4 Miliar

  Rabu, 24 Agustus 2016 09:03
IPLT: Kegiatan pekerja yang sedang membangun Intalasi Pengelolaan Lumpur Tinja di Danau Biru, Kelurahan Roban, Singkawang Selatan.

SINGKAWANG—Pemerintah daerah berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Hal tersebut dibuktikan dengan dibangunnya Instalasi Pengelolaan Lumpur Tinja (IPLT) di Danau Biru, Kelurahan Roban, Kecamatan Singkawang Tengah, Kota Singkawang.

 
Dalam hal ini pemerintah daerah bersama pemerintah pusat, mengelontorkan Rp3,4 miliar Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN) 2016. Hingga saat ini kegiatan IPLT masih dalam tahap pelaksanaan pengerjaan.

 “Kami sangat senang adanya pembangunan IPLT. Semoga pembangunan itu bisa terlaksana sesuai dengan batas waktu yang telah ditetapkan. Sehingga IPLT bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat,” kata warga Kecamatan Singkawang Tengah, Hasan Akbar, Senin (22/8).

Dia melanjutkan anggaran pembangunan IPLT tersebut berasal dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jendral Cipta Karya. Yakni dengan normor kontrak 20//PKK//PSPLP-CK//2016. Sedangkan tanggal kontrak 12 April 2015 dengan batas waktu pelaksanaan 240  hari kalender dan pelaksana kerja dipercayakan kepada PT. Zuty Wijaya Sejati. Ia menambahkan dari papan nama kegiatan IPLT, diduga adanya kejanggalan terhadap tanggal kontrak dan batas waktu pelaksaanaan.

Dikarenakan saat ini sudah berada di tahun 2016 dan pekerjaan IPLT dimulai sesuai tanggal kontrak pada 12 April tahun 2015, hingga sekarang pekerjaan belum terselesaikan dengan baik.

 “Kami sebagai warga masyarakat tidak mengetahui tetang tatacara perhitungan kegiatan pembangunan pemerintah. Tapi bagi lembaga sosial masyarakat yang peduli terhadap pembangunan ini diharapkan bisa mengawasi dan memastikan pembangunan IPLT dapat berjalan dengan baik sesuai dengan aturan yang ada,” pintanya.

Di tempat terpisah tokoh masyarakat Kota Singkawang Syafiuddin menilai kebijakan pemerintah daerah maupun pemerintah pusat dalam melakukan penganggaran ada ketentuan sesuai dengan aturan yang berlaku. Sehingga pihak perusahaan mengerti tentang tatacara pelaksanaan pekerjaan dalam menyelenggaraan pembangunan intalasi pengelolaan lumpur tinja di Kelurahan Roban, Kecamatan Singkawang Tengah, Kota Singkawang.

 “Kita minta kepada satker yang juga merangkap sebagai pengawas dari pekerjaan ini agar memperhatikan dan menjalankan fungsinya dengan baik. Apabila dalam pelaksanaan pekerjaan itu ditemukan kesalahan, tolong pihak terkait memberikan teguran kepada pelaksana kegiatan. Seperti halnya ditemukan kejanggalan dalam masalah kontrak dan itu tanggungjawab satker dilapangan,” tuturnya.

Saat ditemui belum lama ini Plt Kepala Dinas Tata Kota, Pertanahan dan Cipta Karya Kota Singkawang Asir belum lama ini, pihaknya tidak mengetahui tentang adanya pembangunan Intalasi Pengelolaan Lumpur Tinja yang berada di Danau Biru, Kelurahan Roban, Kecamatan Singkawang Selatan.

 “Saya tidak tahu bahwa adanya pembangunan intalasi pengelolaan lumpur tinja di Danau Biru, Kelurahan Roban. Ini kemungkinan dikerjakan oleh Dinas Kebersihan dan Perumahan Kota Singkawang,” terangnya singkat dihadapan media ini dan lembaga sosial masyarakat. (irn)