Bangsal Penuh, Pasien Diselasarkan

Bangsal Penuh, Pasien Diselasarkan

  Rabu, 9 December 2015 10:07
Gambar dari internet

SINGKAWANG – Bangsal di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Abdul Aziz Singkawang, Selasa (8/12), dipenuhi pasien. Bahkan, diantaranya seperti di bangsal anak, kelas 3, serta penyakit dalam, beberapa pasien terlihat dirawat di selasar.

Berdasarkan pemantauan di lapangan, seperti di bangsal pasien kelas 3. Dua pasien tidur di hospital bed di selasar. Sementara di dalam (di ruangan) seluruh tempat tidur terisi pasien.“Ya, di RS memang beberapa kali pasien penuh terutama untuk bangsal kelas 3,” kata Kepala Bidang Pelayanan dan Penunjang Medis RSUD dr Abdul Aziz, Mularso, Selasa (8/12).Pihak RS sendiri, sebutnya, sudah mengantisipasinya. Yakni dengan rencana pembangunan ruangan untuk kelas 3 dan 1. Sehingga jika nantinya sudah ada, kondisi ini akan tertanggulangi.

“Tapi, walaupun ada pasien yang ada di selasar. Pelayanan yang sama tetap diberikan, tanpa ada perbedaan. Dan hal ini juga telah disetujui pihak keluarga pasien, karena saat datang ke RS kita bicarakan terlebih dahulu, bahwa ruangan penuh, sehingga harus dirawat di selasar untuk sementara,” katanya.Mengenai membludaknya pasien, lantaran RSUD Abdul Aziz telah ditetapkan sebagai RS rujukan. Sehingga banyak pasien dari luar Singkawang dirawat.

“Pasien yang menggunakan BPJS dengan iuran dibantu pemerintah, ataupun jamkesda dari luar Singkawang juga banyak yang datang ke Abdul Aziz,” katanya.Menyikapinya, pihak RS telah melakukan segala pembenahan. Termasuk penambahan ruangan di tahun 2016 mendatang ada penambahan tempat tidur sebanyak 70.“Karena ada penambahan tempat tidur, sudah dipastikan memerlukan lokal bangunan,” katanya. Ditambahkan Mularso, mengenai kasus penyakit, untuk di bangsal anak, adalah suspek demam berdarah.“Kalau di bangsal anak, ada kenaikan kasus tapi belum signifikan untuk suspek penyakit DBD,” katanya.(fah)