Bangga Terima Kawastara Pawitra

Bangga Terima Kawastara Pawitra

  Senin, 17 Oktober 2016 10:00
PENGHARGAAN: Wakil Bupati Mempawah, H Gusti Ramlana ketika menerima penghargaan.WAHYU/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

MEMPAWAH– Atas komitmennya memajukan mutu dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga pendidik dengan melaksanakan program pelatihan kepala sekolah, Pemerintah Kabupaten Mempawah diganjar penghargaan dari pemerintah pusat. Penghargaan bernama Anugerah Kawastara Pawitra itu diserahkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy kepada Wakil Bupati, H Gusti Ramlana di Hotel Novotel Solo, Jawa Tengah, Sabtu (15/10).

Ketua Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) Kementerian Pendidikan dan kebudayaan, Prof. Dr. Siswandari, M.Stats, menerangkan Kawastara Pawitra merupakan penghargaan yang diberikan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah yang dianggap peduli terhadap program pelatihan kepala sekolah.

“Anugerah ini diberikan kepada pemerintah daerah yang dianggap memiliki komitmen tinggi dalam menyelenggarakan Program Penyiapan Calon Kepala Sekolah (PPCKS), baik dengan APBD maupun dana masyarakat,” tutur Siswandari.

Dia mengungkapkan, saat ini hanya ada 334 kabupaten kota atau sekitar 65 persen dari seluruh kabupaten dan kota di Indonesia yang telah mengimplementasikan program pelatihan kepala sekolah. Meski peran kepala sekolah sangat penting, namun belum semua daerah memiliki kesadaran untuk mengikuti PPCKS.

“PPCKS merupakan program pemerintahan di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang diimplementasikan secara menyeluruh. Program ini bertujuan memperbaiki manajemen sekolah dan kesinambungannya,” ujarnya.

Apalagi, sambung dia, pemerintah melalui Permendiknas Nomor 6 Tahun 2009 yang diperbarui dengan Permendikbud Nomor 39 Tahun 2012, dan diperbarui lagi dengan Permendikbud Nomor 17 Tahun 2015 tentang Struktur dan Tata Kerja LPPKS, mengamanahkan kepada LPPKS untuk melaksanakan penyiapan, pengembangan, dan pemberdayaan kepala sekolah.

“Amanah ini dapat dilaksanakan dengan baik apabila mendapat dukungan dari seluruh stakeholders, baik internal maupun eksternal,” pendapatnya.

Penghargaan ini bukan yang pertama diterima Pemerintah Kabupaten Mempawah. Pada tahun 2013 lalu, Bupati Mempawah, H Ria Norsan juga mendapat penghargaan LPPKS Appreciation Award. Saat itu, Ria Norsan dinilai sebagai salah satu kepala daerah yang mendukung pelaksanaan Permendiknas Nomor 28 Tahun 2010.

Permendiknas tersebut meliputi penyiapan kepala sekolah, penilaian kinerja kepala sekolah, dan pengembangan mutu berkelanjutan bagi kepala sekolah. Pemerintah pusat beranggapan keberhasilan dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui pemberdayaan kepala sekolah di daerah masing-masing secara swadana melalui APBD.

Istimewanya lagi, pada saat itu hanya ada 2 gubernur, 5 wali kota, dan 18 bupati di Indonseia yang mendapatkan penghargaan tersebut. Dan Ria Norsan menjadi satu-satunya bupati di Kalimantan Barat yang mendapat penghargaan di bidang pendidikan itu.(wah)

Berita Terkait