Bangga Pada Pegawai, Terharu Oleh Anak

Bangga Pada Pegawai, Terharu Oleh Anak

  Senin, 30 November 2015 08:22
KORPRI: Pemerintah Kota Pontianak menggelar upacara peringatan HUT ke-44 Korpri di Halaman Kantor Wali Kota, Minggu (29/11).

Berita Terkait

PEMERINTAH Kota Pontianak memperingati Ulang Tahun ke-44 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri), Minggu (29/11). Pada hari yang sama, Wali Kota Pontianak Sutarmidji berulang tahun ke-53. Pada HUT Korpri Wali Kota memberi penghargaan kepada PNS berprestasi. Pada hari ulang tahunnya, Sutarmidji memberi bingkisan kepada masyarakat tidak mampu.

HUT ke-44 Korpri diperingati dengan upacara yang dilangsungkan di Halaman Kantor Wali Kota Pontianak, Jalan Rahadi Usman. Tiga PNS diberi penghargaan oleh Pemkot Pontianak pada HUT Korpri tahun ini. PNS terbaik tahun 2015 kategori eselon IV yang diterima Kasubbag Bantuan Hukum pada Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota Pontianak. Pemberian penghargaan kepada PNS yang berdedikasi tinggi dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya diterima Sekretaris Inspektorat Kota Pontianak, Zulfah Wardaniah. Sementara Lurah Darat Sekip, Petrus Friyadi dinobatkan sebagai lurah berkinerja terbaik.

Sutarmidji memberikan apresiasi yang tinggi pada jajaran Pemkot Pontianak atas pengabdiannya sesuai yang diharapkan pemerintah. Bahkan dedikasi itu dinilainya melebihi dari apa yang ingin dicapai oleh pemerintah pusat. “Buktinya dengan jumlah pegawai yang terbatas tetapi menghasilkan kinerja yang jauh dari perkiraan awal,” ungkapnya.

Sutarmidji menyebut, banyak satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang tidak mengirim utusan PNS yang akan dipilih sebagai calon pegawai teladan. Untuk itu, ke depan ia akan mengubah pola pemilihan pegawai teladan, yakni yang mencalonkan pegawai utusan dari SKPD adalah seluruh pegawai yang ada di SKPD bersangkutan. “Jadi di-polling siapa yang paling banyak diusulkan sebagai calon pegawai teladan, itulah yang nantinya akan dikirim kepada kami, kemudian baru diseleksi. Kalau subyektif dari pimpinan saja, hal itu bisa tidak obyektif. Saya tidak mau pemilihan pegawai teladan tetapi tidak bisa dipertanggungjawabkan,” ujarnya.

Wali Kota menambahkan pemkot berkomitmen untuk terus melaksanakan tata kelola pemerintahan yang lebih baik, manajemen keuangan yang lebih transparan dan lebih efisien serta efektif untuk percepatan kesejahteraan masyarakat Kota Pontianak. “Kami akan tekan angka kemiskinan sekecil mungkin dan meningkatkan kesejahteraan yang sebesar-besarnya, kita juga ingin menjadikan masyarakata Kota Pontianak yang memiliki kualitas SDM lebih baik.”

Pesan Anak untuk Wali Kota

Syukuran ulang tahun ke-53 Sutarmidji dilangsungkan di Rumah Jabatan Wali Kota. Keluarga, pejabat SKPD, dan masyarakat hadir dalam syukuran itu. Pada hari bahagia itu Sutarmidji terharu oleh ucapan putra bungsunya Muhammad Bayu. “Selamat Ulang tahun kepada Pak Wali Kota yang ke-53, semoga panjang umur dan menjadi Wali Kota yang jujur, amanah dalam menjalankan tugas, menumpas korupsi dan melayani masyarakat Pontianak,” ucap Bayu.

Mendengar ucapan dari putranya, Sutarmidji terharu, matanya berkaca-kaca. Sengaja ia meminta putranya untuk membacakan kembali ucapan selamat ultah itu lantaran kalimat yang disusun adalah ungkapan dari seorang anak kecil yang menginginkan hal terbaik yang harus dilakukan seorang ayah sekaligus sebagai kepala daerah. “Saya terharu karena ini pesan yang berat disampaikan anak saya,” ungkapnya.
Ayah tiga anak itu berharap, selaku wali kota, dirinya bisa membawa kebahagiaan bagi masyarakat Kota Pontianak, senantiasa diberikan kesehatan dan tetap bisa melaksanakan tata kelola pemerintahan sesuai dengan aturan yang berlaku. “Saya mengajak seluruh jajaran Pemkot Pontianak, mari kita tegakkan aturan dalam rangka mencegah terjadinya kebocoran anggaran, penyimpangan anggaran dan hal-hal lainnya. Itu yang menjadi komitmen saya ke depan, sebagaimana pesan anak saya tadi,” katanya.

Pada syukuran ulang tahunnya, Sutarmidji didampingi istri, Lismaryani, kedua orang tuanya, HM Thahir Abubakar dan Jaidah Said, putri sulungnya, Dita dan putra bungsu, Bayu. Selain itu, tampak hadir para tamu undangan yang terdiri dari Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, anggota DPRD Kota Pontianak, kepala-kepala SKPD, keluarga, sahabat dan kerabat serta masyarakat. Dalam kesempatan itu, Sutarmidji juga memberikan bantuan berupa sebuah sepeda kepada pengurus taman di depan Kantor Badan Pertanahan Nasional, Amat serta memberi santunan kepada anak-anak panti asuhan dan masyarakat kurang mampu.(*)

Narasi: Hendy (Pontianak Post)
Foto: Jemi (Humas Pemkot Pontianak)
      

 

Berita Terkait