Bandung Kembangkan Wisata Legenda

Bandung Kembangkan Wisata Legenda

  Senin, 25 April 2016 13:35
FOTO: www.disparbud.jabarprov.go.id

Berita Terkait

BANDUNG -- Kabupaten Bandung akan menggunakan cara baru meningkatkan kunjungan wisatawan lokal dan mancanegar, yaitu mengembangkan wisata legenda.

Dadang M Naser, bupati Kabupaten Bandung, mengatakan cerita-cerita dalam budaya masyarakat Bandung, legenda, dan mitos, akan dikemas menjadi sesuatu yang menarik.

"Kita bisa menjual banyak destinasi, dengan mempopulerkan mitos dan cerita-cerita yang diwariskan masyarakat," kata Naser. "Gunung Tangkuban Perahu punya mitos. Kawah Kamojang juga perlu dimitoskan."

Naser bukan tanpa referensi. Ia ingin mencontoh Bali, yang dikenal dunia internasional berkat budaya dan wisata. Bali, menurutnya, juga menjual mitos.

Di banyak negara, hampir setiap tempat bersejarah punya mitos dan legenda. Mitos-mitos itu dipublikasikan, untuk mengundang wisatawan.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan story line memang penting sebagai konten promosi. Ia menyebut banyak kawasan yang semula tak dikenal, tiba-tiba mendunia berkat story line.

"Belitung salah satunya. Tempat ini dikenal publik di sekujur Indonesia dan dunia berkat novel Laskar Pelangi," kata Menpar Arief Yahya.**

Berita Terkait