Bandara Masih Lenggang

Bandara Masih Lenggang

  Kamis, 23 June 2016 10:00
BANDARA : Aktivitas di badara Pangsuma Putussibau masih terlihat normal. FOTO MUSTA’AN FOTO

Berita Terkait

PUTUSSIBAU — Memasuki pertengahan bulan puasa, arus mudik di bandara Pangsuma masih terlihat normal. Kawasan bandara masih terlihat lenggang. Diperkirakan arus mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri akan meningkat.

 
Namun, otoritas penerbangan Bandara Pangsuma belum memutuskan untuk penambahan maskapai, mengingat kapasitas tempat parkiran pesawat yang masih terbatas.

Jika terjadi lonjakan akan disiasati dengan penambahan jadwal penerbangan dan itu dibenarkan oleh Saparudin, Kasi Teknik Operasi, Keamanan dan Pelayanan Darurat Bandara Pangsuma, Rabu (22/6).

“Kalau ada lonjakan penumpang, kami sudah sarankan agar ada penambahan jadwal penerbangan untuk masing-masing maskapai penerbangan yang melayani rute Putussibau-Pontianak,” terangnya.

Belum adanya rencana penambahan armada, juga dikarenakan area terminal bandara yang belum memada. Mengingat, bangunan terminal baru belum bisa difungsikan dalam waktu dekat.

Saat ini kapasitas runway Bandara Pangsuma baru untuk pesawat jenis ATR 72, dengan luas landasan pacu 1.800 x 30 meter persegi. Artinya, bandara ini belum memungkinkan untuk penambahan maskapai.

Saparudin mengaku, ketika rapat di Jakarta beberapa waktu lalu, rapat unit pelaksana dalam rangka menyambut lebaran. Ia ada menyampaikan kemungkinan tidak mennambah maskapai penerbangan. Kalau harus ditambah, maka disesuaikan dengan terminal, tempat parkir dan kelengkapan lainnya.

“Kami sudah sampaikan ke pusat kemungkinan tidak akan menambah armada pesawat,” terang dia.

Dia mengatakan, perkiraan kepadatan penumpang yakni H-7 lebaran dan H+7 lebaran. “Kami akan konsen juga nanti pada H+7,” ucapnya. Untuk antisipasi berbagai kemungkinan, pihaknya sudah memanggil semua stakeholder terkait. Untuk meminta bantuan dan mensuport, karena personil di bandara minim. “Kemungkinan akan membuat posko arus mudik yang dibantu kepolisian,” ucapnya.

Informasi yang ia terima, perusahaan penerbangan yang beroperasi di Bandara Pangsuma bahwa tiket jelang lebaran sudah penuh, hingga diberlakukan daftar tunggu tiket untuk penumpang yang batal.

“Intensitas pergerakan H-7, itu sudah ada daftar tunggu artinya tiket penuh, mereka antri,” ucapnya.  Bahkan sepuluh hari sebelum menyambut lebaran ini, aktivitas penerbangan mulai padat.

Saparudin memastikan pihaknya selalu siaga terkait keamanan penumpang di bandara, sesuai SOP yang telah ditetapkan pemerintah. Kemudian memperketat pengawasan keluar masuknya barang dan orang. Sampai sejauh ini belum ada yang spesial, masih berpedoman pada SOP yang ada. Hanya, petugas bandara tetap antisipasi.

“Tetap antisipasi,  takut ada lonjakan penumpang,” ucapnya.(aan)

Berita Terkait