Ban Khusus Michelin untuk Red Bull Ring

Ban Khusus Michelin untuk Red Bull Ring

  Rabu, 10 Agustus 2016 11:19

SPIELBERG -- Jelang balapan motoGP grand prix Austria di Red Bull Ring Minggu besok (14/8), Michelin punya hadiah istimewa untuk para pembalap. Kemarin pabrikan ban Prancis itu mengatakan telah menyiapkan ban belakang baru demi menunjang para pembalap menggeber motornya lebih maksimal di Austria.

Kepada Crash, Michelin menyebut ban itu hasil pengembangan terbaru setelah beberapa pembalap melakukan private test di Red Bull Ring Juli lalu (24/7). Dua ban belakang baru itu berjenis medium dan hard.

Ban baru itu didesain khusus dengan bentuk compound asimetris yang lebih keras di sisi kanan.  Desain itu untuk mengimbangi sirkuit Red Bull Ring yang mayoritas tikungannya memang dominan ke arah kanan. Dari sembilan tikungan yang dimiliki sirkuit tersebut, hanya dua yang tikungannya mengarah ke kiri.

Michelin juga menyebutkan, tiga ban depan yang mereka siapkan tidak ada perubahan seperti pada balapan-balapan sebelumnya. Yakni berjenis soft, medium, dan hard.

“Kami telah melakukan tes dan belajar banyak dari itu,” ucap Piero Taramasso, Manager Michelin Two Wheel Motorsport Group. “Ini adalah salah satu sirkuit yang punya layout menarik. Untuk itu kami datang dengan ban khusus untuk layout yang tidak biasa ini,” tambahnya.

GP Austria Minggu besok akan menjadi kali pertama era MotoGP bertarung di sirkuit tersebut. Kali terakhir Red Bull Ring menggelar balapan motor level tertinggi adalah pada 1997. MotoGP sendiri baru diperkenakan pada 2002.

Karena itu, MotoGP seri kesepuluh ini diyakini bakal menyajikan tontonan menarik. Itu lantaran para pembalap tidak memiliki banyak pengalaman menggeber motor di atas lintasan sirkuit ini. “Red Bull Ring akan menjadi pengalaman baru. Bukan hanya untuk Michelin, tapi juga semua orang yang berada di paddock,” ucap Taramasso. 

Meski begitu, karakter sirkuit yang mayoritas didominasi trek lurus membuat Ducati disebut-sebut punya karakter mesin paling pas dengan sirkuit ini. Power mesin besar yang dimiliki Ducati bakal lebih ampuh menaklukkan sirkuit itu.

Itu sudah terlihat sejak privat test digeber Juli lalu. Saat itu pembalap mereka Andrea Dovizioso menjadi yang tercepat dua hari berturut-turut.

Munculnya ban belakang baru yang diusung Michelin ini juga membuat kontestan-kontestan lain percaya diri bisa memberikan perlawanan kepada Ducati Minggu besok. “Mari kita lihat sama-sama, apakah dengan (ban belakang baru) ini kita bisa makin mendekati mereka (Ducati),” ucap Jorge Lorenzo, pembalap Movistar Yamaha.

Lorenzo juga sangat membutuhkan kemenangan. Pasalnya, sampai saat ini, dia masih terpaut 48 poin dari pemuncak klasemen sementara yakni pembalap Repsol Honda Marc Marquez. Marquez kini sudah punya poin 170. Sementara Lorenzo masih mengumpulkna 122 poin. (irr)