Bali Mulai Nikmati Status yang Diberikan Conde Nast Traveller

Bali Mulai Nikmati Status yang Diberikan Conde Nast Traveller

  Jumat, 8 April 2016 15:45

Berita Terkait

DENPASAR--Bali mulai merasakan dampak positif status yang diberikan Conde Nast Traveller, yaitu terjadinya peningkatan wisatawan Rusia.

Conde Nast Traveller adalah salah satu majalah pariwisata terkemuka di dunia yang terbit di Rusia. Dalam edisi online-nya, majalah secara khusus menulis tentang 30 hal yang membuat Bali layak menjadi yang terindah di dunia sepanjang 2015.

Dinas Pariwisata Bali mengatakan status yang diberikan Conde Nast Traveller memperlihatkan dampaknya. Wisatawan Rusia yang berkunjung ke Bali naik 25,28 persen selama periode Januari-Februari 2016, menjadi 12.616 orang.

"Status yang diberikan majalah itu kepada Bali memberi pengaruh luar biasa," kata Kepala Dinas Pariwisata Bali Anak Agung Gede Agung Yuniartha.

Menurut Yuniartha, ada beberapa spot favorit wisatawan Rusia. Pertama, Pantai Kuta. Spot ini disuka karena tak pernah sepi. Kedua, Pantai Sanur -- tempat wisman Rusia menikmati sunrinse

"Wisman Rusia rela bangun pukul 05:30 hanya untuk menyasikan matahari terbit dengan sinar kemerahan," kata Yuniartha.

Ketiga, Pantai Dream Land, Jimbaran, dan Nusa Dua. Khusus tiga yang terakhir, wisman Rusia punya alasan sendiri.

Dewa Nyoman Putrawan, pengamat pariwisata Bali, mengatakan status yang diberikan Conde Nast Traveller hanya satu faktor yang membuat kunjungan wisman Rusia meningkat. Faktor lainnya adalah kebijakan bebas visa kunjungan (BVK) bagi wisaman dari 169 negara.

"Saya yakin kebijakan BVK ikut mempengaruhi tingginya wisatawan Rusia ke Bali," ujarnya.

Menurut Nyoman, kunjungan wisatawan Rusia akan meningkat lagi jika ada penerbangan langsung Moskwa-Denpasar. Saat ini, wisman Rusia datang ke Bali dengan pesawat carteran, atau harus transit di kota-kota lain di Asia, sebelum terbang ke Bali.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan ketiadaan penerbangan langsung Moskwa-Denpasar adalah masalah. Meski demikian status yang diberikan Conde Nast Traveller dan kebijakan BVK akan terus memberi dampak positif bagi Bali.**

Berita Terkait