Bali Clean Energy Forum 2016; Kalbar Dapat Listrik Tenaga Surya 100 MW

Bali Clean Energy Forum 2016; Kalbar Dapat Listrik Tenaga Surya 100 MW

  Kamis, 11 February 2016 14:03

Berita Terkait

BALI--Gubernur Kalbar Cornelis menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan PT Nikko Securities untuk pembiayaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Kalbar berkapasitas 100 MW pada Kamis (11/2). Dalam penandatangan itu disaksikan Menteri ESDM Sudirman Said dan pejabat Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain Kalbar ada delapan provinsi yang turut dalam kesepakatan tersebut diantaranya DI Yogyakarta, Sumbar, Riau dan Sulut.

Dalam kesepakatan dengan tenor empat tahun tersebut Pemprov Kalbar diantara disyaratkan menyediakan lahan yang bebas dari sengketa (clean and clear), peraturan yang menjadi payung hukum dan sosialisasi ke masyarakat. Sementara pihak PT Nikko Securities akan menyediakan wadah investasi bagi institusi keuangan non bank dalam Program Percepatan Pengembangan PLTS. Disamping itu perusahaan pembiayaan ini akan melakukan pengelolaan dana investasi dalam Reksa Dana Penyertaan Terbatas (RDPT), menentukan IPP-PLTS (Independent Power Producer - PLTS) yang menjadi pelaksana Program Percepatan PLTS, dan mengkoordinasikan perusahaan IPP-PLTS berdasarkan target kapasitas 100 MW yang dilaksanakan sesuai feasibility study.

Cornelis sendiri menyatakan besaran kapasitas 100 MW yang disepakati belum mencukupi kebutuhan listrik  di wilayah Kalbar. "Belum cukup. Kita masih akan tingkatkan lagi," ujarnya. "Ini kan baru permulaan."(humas pemprov)

Berita Terkait