Bali & Beyond Travel Fair Kebanjiran Buyers Mancanegara

Bali & Beyond Travel Fair Kebanjiran Buyers Mancanegara

  Kamis, 19 May 2016 17:35

Berita Terkait

BALI & Beyond Travel Fair (BBTF) 2016, yang akan berlangsung 22 sampai 26 Juni 2016, kebanjiran buyer potensial dari seluruh dunia.

Sampai 19 Mei 2016, panitia mencatat 323 buyers dari 42 negara akan hadir BBTF 2016. Padahal, panitia menargetkan 275 buyers. Jumlah buyers dipastikan masih akan meningkat dalam beberapa hari ke depan, atau sepekan sebelum perhelatan.

"Namun, hanya buyers potensial yang akan kami sertakan," kata I Ketut Ardana, ketua panitia penyelenggara BBTF 2016. "Kami sedang menyeleksi ketat semua buyers yang mendaftar."

BBTF tahun ini mengangkat tema Where The World Comes To Meet, dan panitia menargetkan transaksi Rp 9,4 triliun, dengan jumlah penjualan pax yang mendatangkan 500 ribu wisman -- atau 13 persen dari target tahun ini, yaitu 4,2 juta wisman.

Dari jumlah buyers yang mendaftar, terbanyak datang dari India, yaitu 77 tour operator. Urutan kedua adalah Tiongkok, dengan 20 tour operator. Lainnya, Australia dan Filipina dengan masing-masing 17 tour operator, dan Inggris mengirim 15 tour operator.

Menurut Ardana, BBTF efektif memprovokasi wisman melanjutkan perjalanan ke kawasan Indonesia Timur, atau Bali Beyond. "Saya yakin jumlah kunjungan wisman India dan Tiongkok akan meningkat," katanya.

Panitia tidak hanya 'menjual' Bali, tapi juga Banyuwangi, Gili Trawangan, Pulau Komodo, dan Toraja. Post tour ini akan digelar untuk memperluas tujuan wisata wisman. "Wisman Tiongkok, yang selama ini melulu memilih Jakarta, Bali, dan Manado, akan diarahkan ke Gili Trawangan," kata Ardana.**

Berita Terkait