Bali Benamkan Phuket untuk Jadi Pulau Terindah di Asia

Bali Benamkan Phuket untuk Jadi Pulau Terindah di Asia

  Sabtu, 23 April 2016 15:53
FOTO; www.disparda.baliprov.go.id

Berita Terkait

TripAdvisor, situs wisata terbesar di dunia, menempatkan Pulau Bali sebagai tujuan wisata terbaik di Asia.

Pulau Bali menyingkirkan pulau-pulau tujuan wisata dunia lainnya; Pukhet (Thailand), Pulau Havelock -- bagian dari gugusan Kepulauan Andaman di Teluk Bengali, Bangladesh -- dan Taketomicho Iriomotejima, pulau terbesar di gugusan Kepulauan Yaesama (Jepang).

Ini penghagaan bergengsi keli kedua bagi Pulau Bali. Sebelumnya, majalah pariwisata Conde Nast Traveller menobatkan Bali sebagai pulau terindah di dunia.

"Pulau-pulau di Asia sejak lama menjadi tujuan wisata favorit wisatawan dari berbagai belahan dunia," kata Janice Lee Fang, direktur komunikasi Asia-Pasifik TripAdvisor.

TripAdvisor adalah situs komunitas wisata terbesar di dunia, yang menjangkau 350 juta pengunjung setiap bulan. Web ini menampilkan lebih 290 juta ulasan dan opini tentang 5,3 juta akomodasi, restoran, dan obyek wisata dunia.

Menurut Lee Fang, semua komponen yang disuka wisatawan dunia tersedia di Bali. Hotel, restoran, dan atraksi wisata, di Bali masuk kategori fantastis.

"Kami menggunakan algoritma untuk menghitung kuantitas dan kualitas ulasan dan memberi peringkat untuk hotel, restoran, dan atraksi," lanjut Lee Fang. "Setelah itu kami menentukan yang terbaik."

Penilaian dilakukan selama 12 bulan. Selama masa perhitungan, hanya Bali yang menempati urutan teratas dari lima besar pulau-pulau di Asia.

Lombok dan Gili Trawangan juga masuk posisi terhormat di Asia, engan berada di posisi lima dan enam.

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mengapresiasi pemberian penghargaan ini. Indonesia, menurut Kemenpar, adalah negeri yang dianugerahi pulau-pulau indah, unik, dan kaya sumber daya pariwisata.

"Bali, Lombok, dan Gili Trawangan, adalah contoh terbaik kawasan wisata layak dikunjungi wisman," kata Esthy Reko Astuti, deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara.**
 

Berita Terkait