Bakal Ada Kegiatan Penanaman Pohon

Bakal Ada Kegiatan Penanaman Pohon

  Selasa, 11 Oktober 2016 08:44

Berita Terkait

Sail Selat Karimata 2016

SUKADANA – Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Iptek, dan Budaya Maritim, Safri Burhanuddin, mengungkapkan akan diadakanya kegiatan penanaman beberapa jenis pohon lokal yang terdapat di Kalimantan Barat (Kalbar). Kegiatan tersebut, menurut dia, akan berlangsung pada pucak acara perhelatan Sail Selat Karimata, 15 Oktober mendatang, di Pantai Pulau Datok, Sukadana.

“Untuk penanamana pohon itu menjadi simbol pada saat Sail nanti. Dan kita harapkan tanaman yang akan kita tanam diharapkan dapat hidup 90 persen. Karena untuk tinggi tanamannya kurang lebih sudah mencapai 2 meter. Yang ikut menanam itu nanti juga ada Bapak Presiden, Ibu Presiden, Para Menteri (Menkomaritim), Pak Guberur Kalbar, termasuk Pak Bupati Kayong Utara. Tentunya mengenai lokasi yang telah ditentukan,” terangnya, saat meninjau lokasi kegiatan persiapan Sail Selat Karimata, Jumat (7/10) kemarin, di Sukadana.

Safri juga mengungkapkan bahwa untuk penanaman pohon, akan dilakukan di sepanjang jalan yang masih terdapat lahan kosong. Tentunya, dipastikan dia bahwa kegiatan tersebut berada di luar ring satu, dengan melibatkan kelompok masyarakat maupun kumunitas.

“Kalau penanaman pohon bersama masyarakat dan komuitas itu di sepanjang jalan menuju ke Pelabuhan Teluk Cik Kadir, yang masih dalam kawasan Pantai Pulau Datok,” terang Safri.

Selain itu, Safri juga menyarankan untuk masing-masing SKPD ataupun masing-masing kecamatan yang ada di Kayong Utara, ikut melakukan penanaman. “Menanamnya itu kan di lahan Pemda. Nanti mereka masing-masing dinas dan kecamatan bisa ikut serta menanam. Selain itu jangan asal menanam. Dan harus ditentukan,” tandasnya.

Adapun untuk jenis-jenis pohon yang akan ditanami mereka nantinya yaitu jenis tanaman lokal. Dimaksudkan dia seperti durian, jeruk, dan berbagai jenis pohon lainnya. “Pohon yang kita tanam nanti yang jelas jenis-jenis tanaman lokal saja yang ada di Kalbar,” tutupnya. (dan)

 

 

 

 

Berita Terkait