Bahas usulan Pemekaran Kecamatan

Bahas usulan Pemekaran Kecamatan

  Jumat, 7 Oktober 2016 08:58

Berita Terkait

SINTANG-- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sintang bakal membahas usulan pemekaran 17 kecamatan baru di Sintang. Dewan menyebut kalau pembentukan kecamatan baru sudah menjadi kebutuhan bagi percepatan pembangunan.

Dewan menyatakan pembentukan kecamatan baru muncul atas  aspirasi masyarakat. Karena itu, dewan semaksimal mungkin berupaya  dapat mewujudkan yang diaspirasikan masyarakat. "Kita akan membahas bersama eksekutif," kata wakil ketua DPRD Sintang Tery Ibrahim, kemarin.

Menurut Tery legislatif sendiri akan mendengar penyampaian sembilan rancangan peraturan daerah (raperda) dari eksekutif. Satu diantara raperda tersebut berkenaan pemekaran kecamatan.

“Rencananya ada 17 pemekaran kecamatan yang akan kita bahas bersama eksekutif,”kata Teri. Pemekaran kecamatan dianggap sudah sepatutnya bila melihat kemajuan Sintang. Kemudian jumlah penduduk juga terus bertambah. Sehingga rentang kendali pelayanan dibutuhkan buat kemudahan masyarakat.

"Pertumbuhan jumlah penduduk di  Sintang cukup pesat. Saat ini saja, kabupaten Sintang jumlah penduduknya semakin hari semakin bertambah. Belum lagi jangkauan pelayanan di kantor Camat  sangat luas," katanya.

Tery menambahkan, usulan pemekaran sendiri kerap mencuat setiap kali anggota DPRD reses. Konstituen terus mengaspirasikan sebagai usulan.  "Dari 17 yang diusulkan kami berharap semuanya bisa terealisasi,”kata Tery.

Pasalnya,  gagasan pemekaran Kecamatan sudah selayaknya ditindaklanjuti guna memudahkan pelayanan kepada masyarakat. Karena, pemekaran  salah satu solusi tepat dalam mendorong percepatan pembangunan di wilayah pinggiran. “Pemekaran itu bisa menjadi solusi untuk mendekatkan pelayanan kepada warga sekaligus mempercepat pembangunan infrastruktur,” katanya.

"Salah satu jawaban terhadap percepatan pembangunan tidak lain yakni memekarkan kecamatan," tambah dia. (stm)

Berita Terkait