Baguna Bantu Korban Banjir di Toho

Baguna Bantu Korban Banjir di Toho

  Kamis, 19 May 2016 09:56
BANTUAN : Ketua Baguna Kalbar secara simbolis menyerahkan bantuan beras kepada korban banjir. ISTIMEWA

Berita Terkait

TOHO- Penanggulangan Bencana (Baguna) terus menunjukan eksistensinya dibidang kemanusiaan. Kali ini, Baguna mengucurkan bantuan beras lebih dari satu ton untuk korban banjir di Kecamatan Toho, Selasa (17/5) sore. Aksi tersebut dipimpin langsung Ketua Baguna Kalbar, Angelina Fremalco.

Bantuan diberikan kepada masyarakat korban banjir di dua desa di Kecamatan Toho, Kabupaten Mempawah. Yakni Desa Toho Hilir dan Desa Sepang. Di Desa Toho Hilir, bantuan diberikan kepada 509 jiwa yang bermukim di Dusun Bonsoran, Toho Hilir, Kuala Toho dan Prompong.

Kemudian bantuan juga diberikan untuk korban banjir di Desa Sepang yakni Dusun Kuala Yaman dan Malakian dengan jumlah korban sebanyak 462 jiwa. Tim Baguna harus berjalan kaki sejauh dua kilometer dalam kondisi banjir mencapai pinggang orang dewasa untuk membawa bantuan tersebut.

“Kabupaten Mempawah menjadi salah satu wilayah langganan banjir di Kalbar. Makanya saya intruksikan kepada Ketua Baguna Mempawah dan jajarannya, agar selalu siap siaga turun kelapangan membantu korban bencana,” tegas Angelina.

Angelina menyebut bantuan yang diberikan Baguna tidak semata-mata dalam bentuk barang maupun materi. Melainkan bantuan kemanusiaan seperti melakukan evakuasi dan menyelamatkan jiwa korban bencana lebih diprioritaskan dalam setiap penanganan dan penanggulangan dilapangan.

“Sejak beberapa waktu lalu, kami sudah meninjau dan menyalurkan bantuan untuk korban banjir di daerah lain di Kalbar. Dan sekarang, kami melaksanakan aksi yang sama di Kecamatan Toho. Inilah bentuk kepedulian PDI Perjuangan melalui Baguna,” tuturnya.

Dia pun mengaku prihatin terhadap musibah yang menimpa para korban banjir di Kabupaten Mempawah. Dirinya berharap, sedikit bantuan yang disalurkan Baguna dapat meringankan beban korban banjir.

“Semoga bantuan yang kami berikan ini dapat sedikit meringankan beban saudara-saudara kita yang menjadi korban banjir. Kedepan, kami akan berupaya lebih baik lagi dan lebih banyak berkontribusi untuk masyarakat,” tukasnya.

Ditempat yang sama, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Mempawah, Amon Amed, S.Th mengucapkan terimakasih atas kerjasama Baguna Provinsi Kalbar dan Baguna Kabupaten Mempawah. Berkat koordinasi yang baik, hingga penyaluran bantuan untuk korban banjir di  Kecamatan Toho bisa dilaksanakan dengan baik.

“Memang, Baguna itu badan partai yang dimiliki PDI Perjuangan. Namun, Baguna memiliki misi utama kemanusiaan. Ketika turun kelapangan, tidak lagi melihat lambang partai, suku atau agama. Siapapun yang membutuhkan pertolongan, wajib diutamakan,” sebut Amon Amed.

Karenanya, pria yang juga Anggota DPRD Mempawah ini mengajak masyarakat untuk bergabung bersama Baguna. Sebab, misi yang diusung Baguna itu sendiri murni untuk kemanusiaan.

“Khusus kepada pemerintah daerah, kami berharap agar dapat berkoordinasi dengan Baguna untuk melaksanakan misi-misi kemanusiaan. Baguna senantiasa siap sedia melakukan penanganan terhadap korban bencana di Kabupaten Mempawah,” tukasnya.

Dalam aksi tersebut, puluhan Anggota Baguna Kabupaten Mempawah dipimpin Ketua, Khairul Ramadani tampak antusias menyerahkan bantuan untuk korban banjir.(wah)

Berita Terkait