Badan Otorita Wakatobi Gabungkan Semua Potensi Pariwisata

Badan Otorita Wakatobi Gabungkan Semua Potensi Pariwisata

  Senin, 4 April 2016 16:39
createapk.com

Berita Terkait

BUPATI Wakatobi Hugua menggabungkan Buton dan semua potensi pariwisata Sulawesi Tenggara (Sultra) ke dalam Badan Otorita Wakatobi.

"Anda 'beli' Wakatobi, yang akan dapatkan semua; Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko, empat pulau besar di gugusan 142 pulau di tenggara Sulawesi," kata Hugua.
Jadi, masih menurut Hugua, destinasinya tunggal tapi pilihan atraksinya beragam; coral turtle, fish, dolphins, shark, dan semua yang berada di kedalaman laut Wakatobi dan sekitarnya.
Di atas permukaan, Wakatobi relatif tidak punya apa-apa. Akibatnya, wisatawan yang masuk sangat segmented. Hanya mereka yang menyukai keindahan bawah laut, dan punya banyak uang untuk menyelam, yang datang ke Wakatobi.
"Namun, jika Wakatobi dihubungkan ke seluruh kawasan terdekat, akan banyak pilihan bagi wisatawan," kata Hugua. "Jadi, Wakatobi bukan sekadar keindahan bawah laut."
Sekeliling Wakatobi ada Hutan Lambusango di Kabupaten Buton. Setiap tahun, 500 sampai 600 peneliti memasuki hutan ini untuk mencari dan mendokumentasi flora dan fauna yang belum ditemukan.
Di hutan ini, Alfred Russel Wallacea -- terkenal dengan Ekspedisi Wallacea -- melakukan penelitian bertahun-tahun, dan hasil penelitiannya menjadi dasar Teori Darwin. Ia juga mendeskripsi batas-batas biologis kawasan zoogeografis yang dikenal Garis Wallacea.
Buton juga punya benteng abad ke-16 peninggalan Kesultanan Buton. Masih utuh. Dari atas bukit tidak jauh dari benteng, kita bisa menyaksikan kapal-kapal lalu-lalang di teluk.
Yang juga menarik untuk dijual adalah Buton punya banyak goa. Tidak aneh jika Buton disebut kota seribu goa.
Di Kabupaten Muna ada pohon jati terbesar di dunia. Sedangkan Kendari punya pantai, mangrove, taman nasional Rawa Aopa, air terjun Anoa, dan binatang endmic lainnya.
"Jika semua ini tercakup ke dalam Bada Otorita Pariwisata (BOP) Wakatobi, kami akan bisa menjual lebih banyak," ujar Hugua. "Ini mimpi kami."**

Berita Terkait