Ayo Kerja, Sukseskan Sail Karimata

Ayo Kerja, Sukseskan Sail Karimata

  Senin, 27 June 2016 09:30
UPACARA BENDERA: Upacara Bendera HUT ke-9 Pemkab Kayong Utara yang selalu diperingati di setiap tahunnya, dilaksanakan kemarin (26/6) di halaman Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Kayong Utara. DANANG PRASETYO/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SUKADANA – Upacara bendera peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-9 Kabupaten Kayong Utara tetap digelar, meski bertepatan dengan hari libur, kemarin (26/6). Bupati Kayong Utara Hildi Hamid yang menjadi pembina upacara, menyampaikan amanah tertulis Gubernur Kalbar Cornelis.

Dalam arahannya dia mengajak semua pihak untuk bersama-sama mengevaluasi keberhasilan dalam pelaksanaan tugas dan pekerjaan yang telah dilakukan, dalam satu tahun terakhir di pemerintahan daerah Kayong Utara.

“Tugas dan pekerjaan yang telah dilaksanakan dengan baik, agar dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan. Sedangkan tugas dan pekerjaan yang belum mencapai target, agar dilakukan koreksi dan diambil langkah-langkah perbaikan, sehingga tidak terulang lagi di masa yang akan datang,” gugah Hildi menyampaikan amanah Gubernur.

Adapun untuk tema yang diusung pada peringatan mereka kali ini yaitu Dengan Semangat Hari Ulang Tahun ke-9 Kabupaten Kayong Utara: Ayo Kerja dan Sukseskan Sail Selat Karimata 2016.  “Saya nilai relevan dengan kondisi yang dihadapi saat ini. Tema ini menunjukkan adanya keinginan mulia, yaitu suatu tekad masyarakat Kabupaten Kayong Utara untuk senantiasa bekerja keras sekuat tenaga untuk mewujudkan  cita-cita yang ingin dicapai,” katanya.

Sementara itu, terkait dengan kegiatan Sail Karimata 2016, kegiatan yang merupakan pesertanya dari mancanegara tersebut, diharapkan Gubernur agar dapat dipersiapkan dengan baik. Karena, sambung dia, Sail Selat Karimata 2016 harus bisa dimanfaatkan oleh pemerintah setempat untuk dapat mempromosikan semua potensi yang dimiliki.

“Yang dapat dipromosikan, mulai dari potensi budaya, flora dan fauna, kekayaan alam, kerajinan tangan dan lain sebagainya, sehingga kegiatan Sail Karimata 2016 nanti dapat membawa efek positif dengan meningkatnya kunjungan wisatawan ke atau peningkatan investasi di Kabupaten Kayong Utara,” ujar Gubernur dalam amanah tertulisnya.

Gubernur dalam pesan tertulisnya berharap Pemda Kabupaten Kayong Utara beserta jajarannya serta dan masyarakat kabupaten ini, yang mana daerah kabupaten, kota, dan provinsi di seluruh Indonesia, sedang melakukan inventarisasi personel, pendanaan, sarana, dan prasarana serta dokumen yang biasa disingkat P3D sebagai konsekwensi adanya pengalihan kewenangan Urusan Pemerintahan Konkuren berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

“Adapun urusan pemerintahan yang bergeser antara lain pengelolaan pendidikan menengah, pengelolaan terminal tipe A dan tipe B dan pengelolaan jembatan timbang, pelaksanaan rehabilitasi di luar kawasan hutan negara, pelaksanaan perlindungan hutan di hutan lindung dan hutan produksi, pemberdayaan masyarakat di bidang kehutanan, pelaksanaan penyuluhan kehutanan provinsi, pelaksanaan metrologi legal berupa tera, tera ulang dan pengawasan, pengelolaan tenaga penyuluh KB dan petugas lapangan KB, pengelolaan tenaga pengawas ketenagakerjaan, penyelenggaraan penyuluh perikanan nasional, dan penyediaan dana untuk kelompok mesyarakat tidak mampu, pembangunan sarana penyediaan tenaga listrik belum berkembang, daerah terpencil dan pedesaan,” paparnya.

Selain itu, Gubernur juga berpesan agar pemerintah setempat dapat selalu memberikan penyuluhan kepada generasi muda, seperti para pelajar dan mahasiswa akan bahaya penyalahgunaan narkoba. Karena, tak dipungkiri dia, untuk kejahatan narkoba saat ini sudah sangat mengkhawatirkan.

“Selain itu, berdasarkan hasil Rapat Gubernur Kalimantan Barat dengan Komisi IV DPR RI pada tanggal 30 Mei 2016 di Jakarta terkait Perubahan Peruntukan Kawasan Hutan dalam Revisi Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, yang mana Gubernur Kalimantan Barat dimintakan untuk dapat menyampaikan data terkait hal tersebut paling lambat tanggal 30 Juni 2016. Untuk itu mengenai hal ini, diharapkan adanya kerja sama yang baik antara Pemerintah Daerah dan Provinsi,” harapnya. (dan)

 

Berita Terkait