Awasi Jasa Minuman Kemasan Air Galon.Konsumen Minta Cantumkan Masa Produksi

Awasi Jasa Minuman Kemasan Air Galon.Konsumen Minta Cantumkan Masa Produksi

  Rabu, 20 September 2017 10:00
MUTASI: Kapolres Singkawang AKBP Yuri Nurhidayat (kiri) berjabat tangan bersama pejabat lama Kapolres Singkawang AKBP Sandi Alfadien Mustofa yang mendapat jabatan baru sebagai Wakil Direktur Satuan Shabara Polda Kalimantan Tengah.

Berita Terkait

SINGKAWANG — Maraknya pertumbuhan jasa usaha minuman kemasan (air galon) yang beredar di masyarakat seharusnya dapat diawasi dengan baik dilingkungan pemerintahan daerah Kota Singkawang.

Ini perlu diperhatikan bersama agar tingkat kebersihan maupun kesehatan lingkungan masyarakat terjaga baik. Oleh karena itu, izin produksi jasa usaha minuman kemasan air galon benar-benar dipatuhi sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

“Kita minta ada pengawasan secara terpadu terkait jasa usaha minuman kemasan air galon. Supaya jasa air minum yang kini beredar layak di konsumsi masyarakat,” ucap Warga Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat Wahid, Selasa (19/9) kepada media ini.

Dia mengatakan pengawasan secara terpadu baik yang dilakukan dari tim kesehatan maupun dinas perdagangan, perindustrian, koperasi dan usaha kecil menengah bisa terjun kelapangan. Serta melakukan uji laboratorium terkait minuman kemasan air galon yang marak beredar dilingkungan masyarakat.

Ia melanjutkan dengan adanya pengawasan secara terpadu, diharapkan air galon yang diperjual-belikan terhindar dari jasa perusahaan nakal. Serta diharapkan juga kemasan air galon yang diperjual-belikan memasang merek dagang dan label masa produksi sebelum beredar dilingkungan pemerintah Kota Singkawang.

“Selama ini jasa usaha air minuman kemasan air galon tidak mencantumkan masa produksi dan merek produk. Sehingga konsumen tidak bisa mengkomplen jika ada permasalahan terkait produksi jasa minuman kemasan. Ini perlu menjadi perhatikan bagi pemerintah daerah guna menjaga kesehatan lingkungan masyarakat,” harapnya melihat maraknya jasa usaha minuman kemasan air galon di Kota Singkawang.

Sementara Ketua Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM) Jaringan Konsumen Kota Singkawang Sumarno menambahkan merek dagang maupun masa produksi selayaknya bisa dicantumkan pihak jasa perusahaan minuman kemasan air galon dilingkungan pemerintah daerah.

“Konsumen selayaknya memperhatikan merek dagang pada kemasan. Serta memperhatikan masa kadarluarsa dari produksi  minuman kemasan air galon. Jika tidak tersedia label yang disarankan. Diharapkan ini bisa dilaporkan kepada pemerintah daerah agar dapat ditanggulangi dilapangan,” paparnya.

Dia menyatakan selama ini produksi minuman kemasan air galon sudah lama beredar dilingkungan masyarakat. Seharusnya pendataan bisa dilaksanakan kembali ditengah masyarakat. Sehingga tidak ada pelaku usaha nakal yang mencari keuntungan dengan menjual air kemasan yang tak layak konsumsi oleh masyarakat.

Ia mengungkapkan apabila ditemukan perusahaan nakal yang tidak mematuhi peraturan daerah maupun perundang-undangan yang berlaku. Diharapkan pemerintah daerah tegas memberikan sanksi kepada para pelaku usaha nakal dilingkungan pemerintah Kota Singkawang.

“Kita mengharapkan tingkat pengawasana terhadap produk makanan dan minuman dapat dilakukan secara terpadu. Supaya produk makanan dan minuman yang beredar layak konsumsi dan tak merugikan pihak konsumen dilingkungan masyarakat,” tukas Sumarno juga sebagai Advokat Muda Kota Singkawang.   (irn)

Berita Terkait