Awang Bantu Penghuni Gubuk

Awang Bantu Penghuni Gubuk

  Kamis, 18 Agustus 2016 09:50
Foto: Walikota Singkawang Awang Ishak, Sekda Singkawang Syech Bandar, Wakapolres Singkawang Kompol Abdu Rosid mendatangi keluara Amri Mingkum Rabu (17/8) kemarin. HARI KURNIATHAMA/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SINGKAWANG—Walikota Singkawang Awang Ishak tak abai dengan warganya. Kemarin, dia langsung mendatangi keluarga penghuni gubuk reot berukuran sekitar 2 x 3 meter di wilayah RT 51 RW 11 Kelurahan Roban, Kecamatan Singkawang yang dihuni tujuh anggota keluarga. Usai upacara 17 Agustus 2016 Rabu (17/8) kemarin, Walikota Awang Ishak berjanji membantu keluarga ini.

 
‘’Agar mereka bisa hidup layak,’’ ujar Awang.

Menggunakan setelan putih, orang nomor satu di kota seribu kelentengan merespon cepat. Ia datang bersama Sekda Kota Singkawang Syech Bandar, Wakapolres Singkawang Kompol Abdu Rosid, pimpinan Bank Kalbar serta sejumlah Kepala SKPD, serta Camat Singkawang Tengah.

Mendadak, ladang yang dihuni padi, kebun limau dan illang menjadi ramai. Didampingi Camat Singkawang Tengah dan Ketua RT 51 RW 011, Yanto, Walikota langsung duduk di kursi bagian teras gubuk itu dengan Amri Mingkum, sang kepala keluarga.

Awang tampak serius meski tetap menebar senyum. Ia berbicara dengan Amri Mingkum dan meminta Sekda dan wartawan sebagai saksi pembicaraannya.

“Nah ini KTP-nya, pak Amri ini asal Kabupaten Sambas, bukan orang Singkawang, tetapi tetap akan kita bantu keluarganya,” ungkap Awang kepada kepada media ini.

Dari obrolan itu, Awang Ishak meminta sekda dan kepala SKPD terkait mencatat dan merekam instruksinya. Sang Walikota akan mencari solusi, salah satunya akan berencana menggunakan lahan 300 hektar yang akan diserahkan ke Pemkota Singkawang eks lahan peternakan.

“Kita upayakan membantu menempati lahan itu, dan nantinya akan diprogramkan untuk membangun rumah bagi keluarga kurang mampu ini,” katanya. Meskipun, warga sekitar sudah berencana dan ada yang hendak membantu menghibahkan tanah bagi keluarga Amri Mingkum dan keluarga Azizul Hakim (27) keluarg kurang mampu lainya.

Memang Awang diakuinya masih banyak orang miskin di Singkawang, begitu juga di Kabupaten Sambas, maka sudah tugas negara membantu keluarga tidak mampu. Dan perlu diingat, kata dia, Singkawang ini tempat penampungan pengungsi kerusuhan sejak tahun 1960 dan tahun 1999.

“Yang namanya pengungsi tentu hidupnya kekurangan sehingga menjadi tanggung jawab pemkota kota Singkawang, untuk kasus pak Amri Mingkum ini adalah kasus urbanisasi dari desa ke kota,” katanya.

oleh sebab itu ia meminta pemerintah pusat lebih memperhatikan kota Singkawang, caranya pemerintah pusat harus lebih banyak masukkan program bantuan bagi warga miskin seperti perumahan layak huni bagi warga miskin. "Karena kemiskinan baik di Kota Singkawang masih banyak," katanya.

Meskipun, kata Awang, pemerintah akan membantu warga tidak mampu seperti pak Amri Mingkum ini jika untuk mendapatkan bantuan perumahan haruslah mengantongi surat tanah yang menyatakan milik sendiri.

"Kalau inikan rumah buat sendiri namun diatas lahan milik orang lain, tapi tetap kita bantu ini," katanya

Bahkan Walikota Singkawang mengajak Amri Mingkum sekeluarga dan Azizul Hakim untuk datang ke resepsi kenegaraan di balai Kantor Walikota dalam rangka perayaan 17 Agustus 2016. “Saya undang mereka ke respsi kenagaraan di Balai Kantor Walikota, nanti saya minta mereka bicara dan saya sudah minta camat memfasilitasi mereka ke sana (balai walikota,red),” katanya. Sementara itu, Amri Mingkum merasa kaget didatangi Walikota Singkawang.

“Tentu tak menyangka,” katanya.

Namun ia berterima kasih atas bantuan yang akan diberikan kepada dirinya. “Semoga saja kami bisa hidup layak seperti apa yang disampaikan Pak Walikota yang ingin membantu kami. Kami sangat bersyukur,” katanya.

Begitu juga Ketua RT 51 RW 011, Yanto yang juga berterima kasih atas kepedulian Walikota dan jajarannya meski saudara Amri Mingkum ini bukanlah warga ber-KTP kan kota Singkawang melainkan hanya numpang tinggal ditanah orang lain dan kerja di Kota Singkawang. (har)

Berita Terkait