Aveiro Bakal ”Jinak” Karena Ronaldo

Aveiro Bakal ”Jinak” Karena Ronaldo

  Jumat, 7 Oktober 2016 09:30

Berita Terkait

AVEIRO – ”Andorra? Nama itu tidak terlalu penting bagi kami.” Inilah ucapan treinador Portugal, Fernando Santos, dalam konferensi pers tadi malam (6/10) jelang laga kualifikasi kedua Piala Dunia zona Eropa menjamu Andorra di Estadio Municipal dinihari nanti.

Dalam ucapannya, Santos mungkin terdengar pongah. Maklum saja, lawan yang dihadapi saat ini adalah tim yang nangkring di peringkat 203 dunia. Beda jauh dengan Portugal yang saat ini bercokol di rangking tujuh.Sudah begitu, head to head kedua tim juga sangat kontras. Sejak bentrok pertama 18 Agustus 1999, Portugal tak pernah kalah pada tiga laga terakhir. 

Mereka menjadikan negara kecil di Barat Daya Eropa itu sebagai lumbung gol. Mencetak 14 gol dan hanya kebobolan satu bola.Melihat rekam jejak terdahulu saja, publik sudah pasti menjagokan Portugal bakal meraih angka penuh sekaligus menghancurkan Andorra.

Namun, ada handicap yang mengiringi langkah Seleccao das Quinas, julukan Portugal, dalam mempersiapkan laga kontra Andorra. Handicap itu adalah Estadio Municipal Aveiro yang dipakai sebagai venue. Kekalahan tipis 0-1 atas Albania di kualifikasi Euro Prancis menghentikan tiga laga sebelumnya yang tak pernah kalah.

Sudah begitu, sejak meraih trofi perdana Euro di Prancis Juli lalu, Portugal mulai tersendat dengan meraih kekalahan dua gol tanpa balas atas Swiss di Bsel (7/9).Namun, bomber Portugal, Andre Silva percaya diri bahwa Aveiro bakal bersahabat dengan mereka. Sebab, melawan Andorra, mereka dipastikan bakal diperkuat oleh kapten tim Cristiano Ronaldo.

Bintang Real Madrid itu absen dari partai melawan Swiss karena mengalami cedera ligamen lutut saat tampil di final Euro.Konfidensi Silva itu didasarkan pada sesi latihan yang berlangsung kemarin waktu setempat. CR7, julukan Ronaldo, melalukan latihan finishing menggunakan teknik Rabona atau menendang sambil menyilangkan kaki.

Ronaldo bakal menjadikan ajang ini sebagai pelampiasan setelah di Real dia baru mencetak tiga gol sepanjang tiga laga di semua ajang.”Dia adalah pemain terbaik dunia,” puji Silva seperti dilansir AFP. ”Berada di dekatnya saja sudah membuatku bangga. Aku harap aku bisa mencetak banyak gol saat bermain bersamanya,” timpal striker Porto yang baru mencatat dua caps tersebut.

Lebih lanjut, Santos mengatakan bahwa seperti kebanyakan tim gurem di Benua Biru lainnya, Andorra tentu bakal menampilkan permainan defensif, sambil sesekali melakukan counter-attack, agar bisa membawa pulang satu poin.Dia menjelaskan bahwa para pemain sudah mengatahui apa yang harus dilakukan jika berhadapan dengan tim pragmatis seperti Andorra. ”Sirkulasi permainan kami harus jelas,” tuturnya dikutip dari Publico.

”Pemain harus pintar mencari celah untuk menciptakan peluang. Itu kunci kemenangan kami,” lanjut pelatih berusia 61 tahun itu.Santos kemudian memaparkan bahwa dirinya bakal kembali menggunakan formasi 4-4-2. Sebab, pakem 4-3-3 terbukti gagal menghadapi Swiss. Ini artinya, satu dari slot duet lini depan jelas menjadi milik Ronaldo.

Dilema bakal terjadi soal siapa yang menjadi tandem pemain 31 tahun tersebut. Sebab, Nani sudah pasti tidak bisa diturunkan.”Hasil medis dari dokter timnas Portugal menunjukkan dia mengalami masalah kebugaran,' jelas pernyataan resmi Portugal seperti diberitakan UOL.Pilihan pun tidak hanya jatuh kepada Silva, Eder, maupun penyerang gaek Besiktas Ricardo Quaresma. Sebab, Santos juga memanggil winger Benfica Luis Miguel ”Pizzi”, dan pemain belia Sporting Lisbon, Gelson Martins.

”Aku percaya diri kehadiran keduanya bisa menambal lubang yang sempat menganga di Portugal,” ulas eks pelatih timnas Yunani dan Benfica tersebut.Terpisah, dari Tricolors, julukan Andorra, pelatih Koldo Alvarez bakal mengganti striker Gabi Riera dengan penyerang FC Andorra, Alexandre Martinez.

”Melawan Portugal bakal spesial. Sebab, itu bisa menjadi kado ulang tahunku,” kata Martinez kepada harian Andorra Bondia. Martinez bakal genap berusia 18 tahun pada Senin depan (10/10). (apu)

 

Berita Terkait