Atasi Sampah Tugas Bersama

Atasi Sampah Tugas Bersama

  Jumat, 5 Agustus 2016 09:30
KEBERSIHAN: Petugas UPT Kebersihan Kota Singkawang secara aktif mengakut sampah yang berada di lingkungan Pemkot Singkawang. AIRIN FITRIANSYAH//PONTIANAK POST

Berita Terkait

SINGKAWANG—Sejumlah petugas kebersihan secara aktif membersihkan sampah yang berada di tempat penampungan sampah sementara wilayah pemerintah daerah Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

Sedikitnya 210 petugas yang menjaga kebersihan di lima wilayah kecamatan. Mereka mendapat tugas mengangkut sampah yang berada di  tempat penampungan sampah. Serta mengajak masyarakat untuk tertib membuang sampah sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

 “Petugas kami mengangkut sampah sesuai jadwal. Sampah yang di angkut mereka dari tempat penampungan sampah sementara. Selanjutkan sampah akan di bawa ketempat penampungan akhir,” ucap Kepala UPT Kebersihan Kota Singkawang Rustam Effendi, Kamis (4/8) kepada media ini.

Dia mengatakan menjaga kebersihan sudah menjadi tugas pokok dari unti pelayanan teknis kebersihan. Ini dilaksanakan sesuai fungsi, yakni membersihkan sampah yang berada pada lingkungan masyarakat. Begitu juga dengan jadwal petugas sudah diatur sesuai dengan petunjuk teknis dilapangan.

Ia menuturkan menjaga kebersihan lingkungan tidak terlepas dari dukungan masyarakat. Apabila masyarakat membuang sampah pada tempatnya. Dipastikan kebersihan ruang tatakota dapat terjaga dengan baik. Namun sebaliknya, tanpa adanya peran serta dari masyarakat tugas dan fungsi unit pelayanan teknis kebersihan tidak bisa berjalan dengan maksimal.

“Kami mengajak masyarakat tertib membuang sampah pada tempatnya. Apalagi saat ini kita akan memasuki HUT Kemerdekaan RI Ke 71.  Alangkah indahnya, jika momentum kemerdekaan ini kita laksanakan dengan menjaga kebersihan lingkungan. Serta memasang bendera merah putih sesuai dengan arahan pemerintah,” terangnya.

Petugas Unit Pelayanan Teknis Kebersihan Kota Singkawang Hendra menambahkan dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke 71, pihaknya komitmen akan membersihkan sampah yang berada di lingkungan masyarakat. Ini merupakan tugas mulia dalam menjaga kebersihan lingkungan di wilayah pemerintahan Kota Singkawang.

“Kita tetap menjaga kebersihan lingkungan. Hari kemerdekaan merupakan bagi perjalanan sejarah bangsa Indonesia. Untuk itu kita semua harus mensyukuri nikmat atas jasa para pahlawan. Tidak mudah para pahlawan kemerdekaan mengusir penjajahan di tanah air. Akan lebih indah apabila kita mensyukuri kemerdekaan ini dengan taat dan ketertiban menjaga kebersihan lingkungan,” paparnya.

Dia menyampaikan kebersihan lingkungan merupakan bagian dari iman umat beragama. Sehingga dibutuhkan kesadaran dari masyarkat ramai untuk menjaga kebersihan lingkungan. Yakni dengan membuang sampah pada tempatnya yang tersedia dan membuang sampah sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh pemerintah daerah.

Ia mengungkapkan apabila kesadaran masyarakat sudah tumbuh dan tertib menjaga kebersihan lingkungan. Secara otomatis permasalahan sampah akan lebih mudah diatasi oleh petugas kebersihan. Sehingga tidak ada lagi sampah yang di buang di sembarang tempat maupun dipinggiran jalan Kota Singkawang.

“Mentaati dan mematuhi kebersihan lingkungan harus bisa kita lestarikan bersama. Kebersihan lingkungan juga harus menjadi bagian dari budaya masyarakat Kota Singkawang. Sehingga kota ini tak hanya menjadi pusat pariwisata. Tetapi keindahan taman kota dan kebersihan lingkungan ini akan menjadi kebanggaan kita sebagai warga yang tinggal di Kota Singkawang,” imbuh Hendra bersama petugas kebersihan lain saat menganggkut sampah di lingkungan Pemkot Singkawang. (irn)

Berita Terkait