Asap Tipis Selimuti Sambas

Asap Tipis Selimuti Sambas

  Kamis, 25 Agustus 2016 09:30
MASIH TIPIS: Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan sudah terpantau di beberapa wilayah di Kabupaten Sambas. Meski, masih tipis dan belum begitu mengganggu.

SAMBAS-Kabut asap tipis mulai terlihat menyelimuti beberapa wilayah di Kabupaten Sambas, Rabu (24/8). Kondisi ini diduga diakibatkan adanya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang akhir-akhir ini terjadi.

Pantauan koran ini, meski belum memengaruhi jarak pandang. Asap bisa terlihat. Terlebih pada Rabu (24/8) ketika siang menjelang sore. Begitu terjadi tiupan angin kencang, secara bersamaan asap mulai nampak.

Di saat cuaca panas seperti sekarang, beberapa kali kebakaran hutan dan lahan sering terjadi di beberapa kecamatan di Kabupaten Sambas. Hal ini dibenarkan oleh Petugas Badan Pemadam Kebakaran (BPK) Sambas. Dimana pihaknya kerap mendapat informasi dan turun ke lokasi untuk memadamkan api.

Bahkan saking seringnya, dua kendaraan tangki milik BPK Sambas. Saat ini keduanya dalam keadaan rusak.

“Kebakaran lahan sering terjadi, kita beberapa kali turun untuk membantu pemadaman,” kata Sekretaris BPK Sambas, Yakob Pujana, Rabu (24/8).

Karena informasi terjadinya kebakaran lahan begitu deras masuk. Dua unit kendaraan tangki BPK Sambas, saat ini rusak.

“Selain usia kendaraan, karena kebakaran lahan sering terjadi. Mobil saat ini rusak, dua-duanya,” katanya. Hal tersebut membuat, pihaknya belum bisa terlibat dalam memadamkan api jika ada kebakaran lahan.

“Ini masih nyari sparepart di Jakarta, untuk memperbaiki mobil,” katanya. (fah)