Asap Makin Tebal, Hutan Mempawah Terbakar

Asap Makin Tebal, Hutan Mempawah Terbakar

  Sabtu, 9 July 2016 13:29
TERBAKAR: Salah satu titik kebakaran hutan di Desa Sejegi, Kecamatan Mempawah Timur, Kabupaten Mempawah. FOTO WAHYU ISMIR/PONTIANAK POST

Berita Terkait

MEMPAWAH- Memasuki musim kemarau, kebakaran hutan mulai terjadi di Kabupaten Mempawah. Salah satu titik api muncul di lahan kosong di kawasan Desa Sejegi, Kecamatan Mempawah Timur. Kabarnya, kebakaran hutan tersebut terjadi pada Jumat (8/7) sekitar pukul 14.00 WIB.
Wilayah Kecamatan Mempawah Timur, memang menjadi salah satu titik langganan titik api di Kabupaten Mempawah. Pada musim panas sebelumnya, kebakaran hutan dan lahan diwilayah itu menjadi penyumbang kabut asap di Bumi Galaherang.
Selain faktor panas dan tiupan angin kencang, struktur tanah gambut menjadi penyebab pendukung kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kecamatan Mempawah Timur. Jika kobaran api lambat ditangani petugas, maka titik api akan semakin menyebar hingga menghanguskan puluhan bahkan ratusan hektare lahan diwilayah tersebut.
Masyarakat pun berharap Pemerintah Kabupaten Mempawah dan petugas terkait segera menindaklanjuti informasi kebakaran hutan dan lahan di Desa Sejegi, Kecamatan Mempawah Timur. Agar, segera dilakukan penanganan yang cepat dan tepat. Agar api tidak meluas dan membakar lahan lainnya.
“Meski saat ini masih libur lebaran, kita berharap petugas segera turun kelapangan dan memadamkan api di lahan yang terbakar. Dengan kondisi panas dan angin kencang, api semakin mudah meluas dan melalap apa saja yang dilaluinya,” pendapat Jailani, warga Mempawah, Sabtu (9/7) siang di Mempawah.
Sementara itu, Badan Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana Daerah (BLHPBD) Kabupaten Mempawah maupun Polsek Mempawah Timur yang coba dikonfirmasi Pontianak Post terkait kebakaran hutan di Desa Sejegi, Kecamatan Mempawah Timur itu belum berhasil mendapatkan jawaban.(wah)

 

Berita Terkait