Asah Kemampuan

Asah Kemampuan

  Kamis, 14 April 2016 10:36
DUDUK: Prajurit Korem 121/ABW saat latihan menembak dengan posisi duduk. SUTAMI/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

KOREM 121/ABW tetap mengasah kemampuan menembak para prajurit dengan menggelar latihan menembak secara rutin. Pasalnya menembak merupakan salah satu kemampuan dasar militer. Demikian kata Kapenrem 121/ABW Mayor CAJ Hery Suyamto, kemarin. 

Kapenrem mengatakan, latihan menembak, pada Rabu (13/4) kemarin, diikuti seluruh prajurit Korem. Latihan berlangsung di lapangan tembak di jalan MT Haryono KM 4, persis dibelakang Batalyon 642/Kapuas. Pasilatrem 121/Abw Mayor Inf Anang dan Pasipamops Denmarem 121/Abw Kapten Inf Slamet Suwarno yang juga selaku koordinator latihan (Koorlat) menembak, memimpin dan mengawasi langsung  latihan menembak. 

Dua jenis senjata yang digunakan saat latihan. Yakni senapan  M 16 A1 dan Pistol P1 Pindad. Untuk  menembak menggunakan  M 16 A1 ada tiga cara yaitu  dalam posisi sikap berdiri, sikap duduk dan sikap tiarap. Setiap pelaksanaan menembak ada tembakan koreksi agar diketahui arah tembakan yang benar dan tepat.  

"Masing-masing anggota menembakkan 16 amunisi.  Enam  peluru untuk tembakan koreksi dan 10 peluru buat tembakan penilaian," kata Kapenrem. 

Menurut Kapenrem, sebelum menembak, setiap prajurit harus melaksanakan tindakan keamanan. Yakni  mengosongkan senjata, guna memastikan  senjata  sudah dalam keadaan tanpa amunisi. 

"Latihan menembak bertujuan  mengetahui sejauh mana kemampuan dan kemahiran dalam bidang menembak setiap prajurit.  Sementara  para perwira melaksanakan latihan menembak pistol dengan jarak 15 meter.  Enam  peluru untuk tembakan koreksi dan 10 peluru untuk tembakan penilaian," kata Kapenrem. 

"Adapun latihan menembak berlangsung sejak Senin hingga Rabu," tambah Kapenrem. (stm)

Berita Terkait