Apresiasi Sekolah

Apresiasi Sekolah

  Selasa, 29 March 2016 09:47

Berita Terkait

SEKRETARIS Dinas Pendidikan Kabupaten Kayong Utara, Dahlan Zainuddin, mengapresiasi antusiasme seluruh sekolah yang ada di Kayong Utara, dalam partisipasi mereka mengikuti Seleksi Lomba Cerdas Cermat (LCC) 4 Pilar Kebangsaan. Kegiatan itu sendiri berlangsung di Gedung Praja Nirmala Sukadana, Minggu (27/3) lalu. Lomba ini berasal dari sekolah menengah atas (SMA), sekolah menengah kejuruan (SMK), serta madrasah aliyah (MA) dari seluruh sekolah yang ada di Kayong Utara. Kegiatan ini sendiri berlangsung sepanjang 27 – 28 Maret.

“Dari laporan panitia tadi, Alhamdulillah semua sekolah yang ada di Kabupaten Kayong Utara, dari mulai kepulauan yang termasuk letaknya agak jauh dapat hadir,” ungkap Dahlan, saat membuka kegiatan tersebut. Antusiasme tersebut bagi dia, menandakan semangat dari semua siswa untuk mengikuti kegiatan ini sangat tinggi. Semangat yang tinggi dan mentalitas tersebut, menurut dia, merupakan hal yang sangat penting. Bagi dia, tanpa semangat, akan susah untuk memetik hasil. “Mudah-mudahan apa yang kita lakukan bisa membawa nama baik bagi Kabupaten Kayong Utara,” harap Dahlan.

Jika dilihat dari filosofi, Dahlan menjelaskan bahwa kegiatan ini dalam rangka menggali dan mengembangkan bakat dan minat siswa ilmu pengetahuan dan teknologi, serta meningkatkan semangat kebangsaan, yaitu nasionalisme. Oleh karena itu, mereka telah melakukan berbagai kegiatan, satu di antaranya adalah seleksi lomba cerdas cermat ini.

Kegiatan ini, menurut dia, dimaksudkan agar dapat meningkatkan mutu siswa, dalam menguasai kompetensi atau kemampuan dalam bidang empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara. “Pembinaan yang lebih intensif kepada para siswa telah dilakukan oleh pihak sekolah dalam penjaringan siswa berbakat, untuk dapat mewakili sekolahnya masing-masing pada tahap seleksi tingkat kabupaten ini,” sebut Dahlan.

Sebanyak 18 sekolah mengikuti kegiatan tersebut. Kepala Seksi SMA Dinas Pendidikan Kabupaten Kayong Utara, Zamzami, menjelaskan jika pesertanya lomba tersebut adalah siswa SMA, MA, dan SMK yang duduk dikelas X dan XI. “Sementara itu, dewan juri berasal dari guru-guru pengawas sekolah madya yang ada di kabupaten kayong utara,” terang Zamzami.

Adapun tujuan dari kegiatan ini, dijelaskan dia, adalah menjalin siswa yang mempunyai kompetensi, kemampuan dalam bidang empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Juga untuk menyeleksi calon yang dapat diandalkan dan diharapkan oleh Kabupaten Kayong Utara mewakili daerahnya dalam seleksi lomba cerdas cermat tingkat Provinsi sampai tingkat Nasional.” (dan)

Berita Terkait