Apa Lagi, Messi?

Apa Lagi, Messi?

  Minggu, 17 December 2017 08:30
Lionel Messi

Berita Terkait

BARCELONA – Berharap Deportivo La Coruna menyudahi streak 15 laga tidak terkalahkan Barcelona di La Liga musim ini? Kecil peluangnya. Karena faktanya saat mengalahkan Barca 1-2 di Riazor musim lalu adalah victory pertama Super Depor setelah selalu jadi pecundang di depan La Blaugrana di La Liga. 

Lalu, apa yang diharapkan dari bentrok ke-23 Barca dan Depor di La Liga sejak musim 1993-1994 di Camp Nou, Barcelona, dini hari nanti WIB? Tanyakan saja kepada Lionel Messi apa yang bakal dia catatkan lagi di depan Depor (Siaran langsung SCTV/beIN Sports 2 pukul 02.45 WIB).

Pasalnya, nyaris di setiap rekor-rekor yang dicatatkan La Pulga bersama Barca, di balik rekor itu ada nama Depor. Terakhir, Messi mencatatkan namanya sebagai top scorer sepanjang masa La Liga menggeser Telmo Zarra juga dengan satu golnya pada jornada ke-8 La Liga, Dia mencetak satu gol di balik kemenangan 4-0 Barca atas Depor di Camp Nou. 

Gol ke-180-nya di La Liga, satu gol lebih banyak melalui Zarra. Yang terdekat, jika bisa mencetak satu gol lagi, maka Messi sah melampau capaian 525 gol Gerd Mueller. Saat jornada 15 melawan Villarreal (11/12), jumlah gol Mueller itu sudah bisa dia samai. ''Saya sedang pada ketajaman yang bagus,'' ungkap Messi, dikutip ESPN. 

Setelah melalui rekor Mueller, Messi sementara masih terpaut sembilan gol dari bomber Slavia Praha pada era 1940-an, Josef Bican. Selama di Praha, dia mengoleksi 534 gol. Berharap gol Messi sangat mungkin terjadi. Karena di La Liga sejak 2012-2013 selalu mencetak gol pada laga melawan Depor di Camp Nou. 

Meski, rata-rata dia hanya mencetak satu gol per laganya. ''Capaian yang sebelumnya tak pernah saya bayangkan ketika usia saya telah menapak lebih dari 30 tahun,'' ucap kapten timnas Argentina tersebut. Tidak hanya memecahkan rekor Zarra yang pernah menjadi penanda golnya ke gawang Depor. 

Pada 2009-2010, satu golnya ke gawang Depor membantu Barca mencatatkan diri untuk menjadi satu-satunya klub yang mampu mencapai 50 poin pada paro musim pertama sepanjang sejarah La Liga. Lalu saat musim 2012-2013, hattrick-nya ikut membawa Barca memenangkan duel dramatis di Riazor setelah menang 4-3. 

Itu hattrick ke-15 Messi di Barca, hatrrick terbanyak dalam histori Barca. Sekarang total dia sudah mencatkan 27 hattrick. Bahkan tak perlu mencatat hattrick-pun dia sanggup memberi  rekor buruk bagi Depor. Pada musim 2015-2016 satu golnya memberi kekalahan terbesar untuk Depor. Ketika itu, Depor kalah 8-0!

Musim ini, dari 15 jornada pertamanya saja gawang Depor yang dijaga Ruben Martinez sudah kebobolan 27 gol. Dari 27 gol tersebut, 14 di antaranya terjadi pada laga tandang. Ruben, dikutip AS tidak khawatir dengan ancaman yang bakal dihadirkan Messi pada laga nanti. ''Saya akui, mereka lebih efisien ketimbang musim-musim sebelumnya,'' ungkap Ruben. 

Dia tidak menyebut Messi sebagai satu sosok yang harus dikawal para pemain belakang di depannya. Apalagi bermain bertahan. ''Yang kami perlukan hanya menjaga konsentarsi kami sepanjang laga. Dan, kami berpikir posiitif karena tak selalu dia (Messi) mampu mencetak gol,''  klaim Martinez. (ren)

Berita Terkait