Anton Medan Kunjungi Rutan

Anton Medan Kunjungi Rutan

  Jumat, 26 February 2016 08:49
LAPAS : Anton Medan saat mengunjungi warga binaan di lapas kelas IIB Putussibau.MUTA’AN/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

PUTUSSIBAU—Untuk yang pertama kali Anton Medan, Kamis (25/2) siang menginjakan kakinya di bumi Uncak Kapuas. Tempat yang pertama dikunjunginya adalah rutan Kelas II B Putussibau.Disana pria yang sudah menjadi ustadz ini bertemu para napi untuk menyampaikan ceramah umum yang dihadiri 111 orang napi dan para sipir serta kepala Rutan Putussibau Roni Kurnia, A.Md, IP, SH MH.

Anton Medan dan istri didampingi pengurus PITI (Persatuan Islam Tionghoa Indonesia) Uray B. Asno, SKM M.M akan mengisi tablihq akbar di Masjid Agung Darunnajah Putussibau. Saat menyampaikan ceramah di Rutan, pria yang penah 18 tahun merasakan sakitnya tinggal di penjara ini meminta para napi untuk memperbaiki diri dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT atau sesuai agama dianut.

“Rutan ini tidak lagi menyeramkan, jika dulu di dalam rutan berlaku hukum rimba, sekarang tak lagi. Rutan bukan tempat menghukum orang, akan tetapi untuk membina orang untuk jadi lebih baik,” jelasnya.  Karenanya saat di rutan, kesempatan bagi para penghuni lembaga permasyarakatan untuk mendekatkan diri kepada Allah atau tuhan yang maha esa sesuai dengan agama dan keperayaannya.

Menurut Anton Medan banyak orang lolos masuk penjara karena banyak uang, akan tetapi dia bisa saja lolos dari penjara dunia, akan tetapi penjara akhiran tak bisa di hindari.“Yang haram tetap saja haram. Silakan mereka lolos dari penjara kecil, tapi penjara akhirat tidak bisa lolos,” tegasnya. Selain mengunjungi rutan, Anton juga mengunjungi sejumlah tempat penangkaran arwana di Kapuas Hulu.

Kepala Rutan Putussibau, Roni Kurnia, AMd, IP, SH MH menyambut baik kedatangan Anton Medan di Rutan Putussibau yang telah memberikan pencerahaan dan binaan kepada warga binaan Rutan kelas II B Putussibau. “Kami senang bapak Anton Medan mengunjung rutan ini. Beliau berbagi pengelaman dan atas permintaan warga binaan beliau diminta sholat Jumaat bersama warga binaan,” terangnya.

Ruju Setiawan panitia tablihq akbar Masjid Agung Darunnajah mengatakan, kegiatan tablihq akbar bersama Anton Medan ini juga didukung Ketua PHBI Kapuas Hulu H. Zainudin, S. Ag.“Kami juga sudah silaturahmi dengan bapak bupati, intinya beliau merspon positif kedatangan Ustadz Anton Medan ke Kapuas Hulu, yang mengunjungi rutan, dan sejumlah penangkaran ikan arwana,” jelasnya.

Tablihq akbar dihadiri ribuan masyarakat dari beberapa kecamatan, terutama kecamatan-kecamatan terdekat kota Putussibau. “Tablihq akbar ini untuk mempererat rasa persatuan dan persatuan serta silaturahmi,” jelasnya. Selain itu juga untuk mengingatkan akan pentingnya rasa nasionalisme supaya tidak mudah terpengaruh paham-paham radikalisme atau paham-paham menyimpang lainnya.(aan)

Berita Terkait