Antisipasi Pascapencoblosan, Dua Cabup Tumbang di TPS Sendiri

Antisipasi Pascapencoblosan, Dua Cabup Tumbang di TPS Sendiri

  Kamis, 10 December 2015 09:20
BERPARTISIPASI: Mantan Bupati Ketapang, Henrikus bersama istri ikut menyuarakan hak pilihnya pada Pilkada Ketapang di TPS 14 Kelurahan Tengah, kemarin. AHMAD SOFI/PONTIANAK POST

Berita Terkait

KETAPANG - Mantan Bupati Ketapang, Henrikus, ikut menyumbangkan suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 14 Kelurahan Tengah Kecamatan Delta Pawan. Henrikus yang gagal maju pada Pilkada Ketapang karena dualisme kepengurusan partai pengusungnya, mencoblos dengan didampingi istri, anak dan cucunya.

 
Usai mencoblos, Henrikus, mengatakan, pada Pilkada yang harus diantisipasi adalah pascapemilihan. "Sebelum dan ketika pencoblosan saya kira tidak terlalu rawan. Namun, pascapencoblosan, itu yang harus diantisipasi,"katanya, kemarin (9/12).

Oleh karena itu, kepada seluruh calon, pedukung dan seluruh masyarakat agar menerima apapun hasil dari pemilihan ini. "Jika ada masalah, jangan main hakim sendiri. Serahkan kepada pihak berwenang. Jangan terpancing isu yang hanya akan memecah belah dan memperkeruh suasana,"imbaunya.
"Petugas Pilkada juga harus amanah. Masyarakat sudah menyampaikan haknya. Jadi jangan sampai dikecewakan. Jagalah Ketapang agar tetap kondusif. Ketapang adalah daerah paling aman di Kalbar. Dalan pertandingan ada kalah dan ada yang menang. Siapapun yang terpilih harus diterima,"tambahnya.
Sementara itu, dua calon Bupati Ketapang nomor urut 1 dan 3, Martin Rantan dan Boyman Harun, berhasil meraup suara paling banyak di TPS mereka mencoblos. Martin Rantan yang mencoblos di TPS 15 Kelurahan Mulia Baru mendapatkan 150 suara dari 246 suara yang sah. Sementara Boyman Harun yang mencoblos di TPS 17 Kelurahan Sampit berhasil meraup 141 suara dari 279 pemilih.
Berbeda dengan Martin dan Boyman, calon Bupati lainnya, Andi Djamiruddin dan Darmansyah, harus kehilangan suara di TPS tempat mereka mencoblos. Andi yang mencoblos di TPS 23 Kelurahan Sampit, kalah jumlah perolehan suara dari pasangan Boyman-Gurdani. Di TPS ini Andi hanya meraih 71 suara. Sementara Boyman meraih 107 suara.
Sama halnya dengan Andi, Darmansyah juga kalah perolehan suara dari pasangan calon lainnya. Darmansyah yang menggunakan hak pilihnya di TPS 4 Kelurahan Sukaharja hanya memperoleh 66 suara. Sementara suara terbanyak menjadi milik Martin-Suprapto yang mencapai 107. (afi)

 

Berita Terkait