Antisipasi Bencana Banjir , Masyarakat Bersihkan Drainase

Antisipasi Bencana Banjir , Masyarakat Bersihkan Drainase

  Kamis, 18 February 2016 09:07
Gambar dari JawaPos

Berita Terkait

KUBU RAYA— Memasuki musim hujan yang berpotensi mengakibatkan banjir membuat Bupati Kubu Raya, Rusman Ali mengimbau masyarakat untuk secara bersama-sama bisa mengantisipasi menghindari terjadinya banjir di wilayah masing-masing.

“Saya berharap setiap kepala desa hingga para RT bisa merangkul setiap warganya untuk secara rutin membersihkan drainase di lingkungan masing-masing,” kata Rusman Ali kepada wartawan belum lama ini.Dia menilai kegiatan membersihkan drainase menjadi sangat penting, karena melihat terdapat sejumlah daerah yang mengalami banjir akibat dari tersumbatnya drainase lantaran dipenuhi sampah.

Untuk memastikan wilayahnya bebas dari ancaman bencana banjir yang berkepanjangan, belum lama ini Rusman Ali bersama Kepala BPBD dan Kepala Dinas Bina Marga Kubu Raya dan sejumlah pihak terkait lainnya menyatakan telah meninjau langsung kebeberapa daerah yang dinilai rawan terjadi banjir seperti sekitar Rasau Jaya, Sungai Raya Dalam dan sekitarnya.

“Saya juga telah berkoordinasi dengan Kepala Dinas Bina Marga untuk melakukan analisa mengenai banjir tersebut apakah memang karena kondisi jalan yang terlalu rendah atau memang ada saluran drainase yang tersumbat dan sejenisnya,” ungkapnya. Hasil dari analisa yang dilakukan tersebut akan menentukan langkah selanjutnya yang akan dilakukan pemerintah daerah setempat. “Kalau misalnya drainasenya kurang baik akan kami evaluasi untuk ditingkatkan kualitasnya begitu juga misalnya jika memang kondisi jalan yang dibangun masih belum tinggi atau sejenisnya maka akan kami tingkatkan kualitasnya sesuai dengan kebutuhan,” pungkasnya. (ash)

Berita Terkait