Antara SMA dan SMK

Antara SMA dan SMK

  Kamis, 23 June 2016 08:31   1

Oleh : Sasmito Aripala S.Pd

“Saya lebih memilih SMK karena bisa langsung mendapat keterampilan. Selain itu ketika lulus SMK bisa langsung kerja maka saya bisa membantu orangtua,” ujar Abdul Azis Alumni SMP. “Saya memiliki keinginan untuk bisa melanjutkan ke studi lanjut alias kuliah, lalu kebetulan orangtua juga mendukung sehingga saya memilih untuk masuk SMA,” tutur  Mizan Afgani, Alumni SMP  Angkatan 2016.

Sepenggal dialog diatas memberikan  ilustrasi kebingungan siswa dalam menentukan pilihan kejenjang yang lebih tinggi, terutama siswa jenjang SMP yang lazim terjadi setelah pengumuman kelulusan. “Pilih SMA atau SMK”, inilah pemikiran peserta didik yang ingin melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi tingkat sekolah lanjutan atas. Bingung memilih mana yang lebih baik, pada perinsipnya semuanya baik karena keduanya hanya perbedaan pilihan.

Memilih kedua jalur tersebut tidak segampang memilih baju di toko. Karena pilihan tersebut akan sangat sangat menentukan masa depan Peserta Didik. Oleh sebab itu untuk memilih, sebaiknya pertimbangkan dulu matang-matang. Lantas bagaimana kita menyikapinya? Mari , kita ulas bersama.

Kebingungan yang siswa  alami itu adalah suatu hal yang wajar-wajar saja. Karena seumuran  itu rentan dengan kebingungan untuk menentukan masa depan. Sebelum membahas terlalu jauh, peserta didik juga harus paham benar mengenai SMA dan SMK. Apa sih yang menjadi kelebihan dari keduanya serta apa yang menjadi keunggulan dari masing-masing sekolah tersebut. Mari kita Lihat  satu  per satu dari masing-masing  sekolah supaya siswa  nantinya tidak ragu dalam menentukan. SMA memiliki keunggulan khususnya dalam penguasaan konsep, cara berpikir, performance sebagai bekal ke pendidikan berikutnya. Sedangkan SMK memiliki keunggulan khususnya dalam hal penguasaan skill atau keterampilan yang bisa langsung digunakan sebagai modal kerja.

Jenjang SMA itu memang disiapkan untuk meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu bangku perkulihaan. Sedangkan untuk lulusan SMK disiapkan untuk langsung menghadapi dunia kerja. Namun juga tidak menutup kemungkinan bagi lulusan SMK untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Bahkan lulusan SMA pun juga ada yang tidak melanjutkan ke bangku perkuliahan.

Hal yang perlu kita lakukan adalah tidak menjalani pendidikan tersebut sebagai ajang untuk gengsi-gengsian. Karena yang terjadi pada saat ini mereka yang menempuh pendidikan di bangku SMK kurang memiliki kepedean dibanding mereka yang duduk di bangku SMA. Bahkan ada yang merasa gengsi menempuh pendidikan di bangku SMK.

Remaja sekarang ini harus menghilangkan masalah gengsi tersebut. Pada dasarnya saat ini SMA dan SMK itu sama. Jadi kita perlu menanamkan sikap percaya diri pada si anak serta menanamkan nilai-nilai pada mereka ketika memilih sekolah tidak hanya karena gengsi semata. Nah, sekarang kita juga harus bisa memilih mana sekiranya sekolah yang cocok bagi peserta didik. Jika  ingin mendapatkan lebih banyak keterampilan untuk modal kerja bisa masuk SMK. Namun jika  ingin lebih menguasai ilmu-ilmu pengetahuan maka bisa masuk SMA.

Jika peserta didik  masih bingung maka konsultasikan hal tersebut dengan orangtua, Bapak-Ibu guru, atau teman. Karena dengan konsultasi tersebut, peserta didik bisa mendapatkan berbagai pertimbangan untuk menentukan keputusan tersebut. Namun perlu diingat, bahwa keputusan tetap di tangan peserta didik sendiri. Jadi tidak hanya asal milih karena gengsi . Usahakan apa yang siswa  pilih nantinya merupakan suara hati peserta didik dan akan dijalani dengan optimal.

Pilih Mana SMA atau SMK?

Pengumuman kelulusan sekolah jenjang SMP telah diumumkan  serentak secara nasional pada tanggal 11 Juni 2016  kemarin. Gegap gempita ekpresi kelulusan telah usai.  Selamat buat anak-anakku yang telah dinyatakan lulus. Sekarang saatnya berfikir untuk melanjutkan masa depan, menempuh tantangan masa depan meninggalkan masa “putih biru” memasuki masa “putih abu-abu”.

Sudahkah peserta didik menentukan akan melanjutkan kemana setelah SMP? Apakah  sudah yakin dengan pilihan  tersebut? Jika masih ragu, hal berikut ini mungkin akan membantu  untuk menentukan pilihan  dalam melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, pilih SMA atau SMK?

Perbedaan antara SMA dan SMK

SMA (Sekolah Menengah Atas)

SMA adalah bentuk satuan pendidikan menengah yang diselenggarakan untuk melanjutkan dan meluaskan pendidikan dasar serta mempersiapkan siswa untuk memasuki pendidikan lanjutan dan mengembangkan sikap profesional.Tujuan pendidikan SMA : Mempersiapkan siswa untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan atau meluaskan pendidikan dasar. Meningkatkan kemampuan siswa sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial budaya dan alam sekitar. Meningkatkan kemampuan siswa untuk dapat mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian.

SMK (Sekolah Menengah Kejuruan)

SMK adalah bentuk satuan pendidikan menengah yang diselenggarakan untuk melanjutkan dan meluaskan pendidikan dasar serta mempersiapkan siswa untuk memasuki lapangan kerja dan mengembangkan sikap profesional. Tujuan SMK : Mempersiapkan siswa untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggindan atau meluaskan pendidikan dasar. Meningkatkan kemampuan siswa sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial budaya dan alam sekitar. Meningkatkan kemampuan siswa untuk dapat mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian. Menyiapkan siswa untuk memasuki lapangan kerja atau mengembangkan sikap professional

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan garis besar perbedaan antara SMA dengan SMK, yaitu : SMA  adalah bentuk satuan pendidikan menengah yang orientasinya memberi bekal siswa untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi. SMK adalah bentuk satuan pendidikan menengah yang orientasinya memberi bekal siswa untuk memasuki lapangan kerja tingkat menengah dan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang sesuai dengan kejuruannya. Itu adalah sedikit gambaran tentang perbedaan SMA dengan SMK. Nah, jika kalian akan mempersiapkan diri untuk masuk ke jenjang pendidikan tinggi dan  ekonomi bukan menjadi masalah dalam pendidikan kalian, maka pilihlah SMA, sedangkan jika kalian memutuskan untuk langsung memasuki dunia kerja atau tidak lagi melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi, maka pilihlah SMK. Namun Sekolah di SMK pun bisa melanjutkan ke perguruan tinggi, moga tulisan ini bisa menjadikan bahan pertimbangan untuk melanjutkan untuk masa depan yang lebih baik. Masuk SMA atau SMK bukanlah masalah   baik atau tidaknya, tetapi adalah sebuah pilihan, InsyaAllah.

Selamat menentukan pilihan!

 

*) Guru SMKN 1 Pulau Maya Karimata, Kabupaten Kayong Utara