ANTAM dan ICA Tingkatkan Mutu Kader Posyandu

ANTAM dan ICA Tingkatkan Mutu Kader Posyandu

  Selasa, 27 September 2016 19:43
FOTO BERSAMA: PT ANTAM (persero) Tbk dan PT Inalum Chemical Alumina (ICA) berfoto bersama ibu-ibu kader posyandu usai kegiatan outbond dan pemberian materi pelatihan kesehatan di Kecamatan Tayan Hilir dan Toba Sanggau, Selasa (27/9) pagi. Kegiatan penyegaran kader posyandu rutin dilakukan kedua perusahaan untuk mengapresiasi pengabdian para kader dan menjalin kedekatan antara perusahaan dengan masyarakat sekitar. MIFTAH/PONTIANAK POST

Berita Terkait

PONTIANAK - PT ANTAM (Persero) Tbk dan PT Indonesia Chemical Alumina secara konsisten melakukan program Corporate Social Responsibility (CSR) kepada masyarakat sekitar dengan menggelar sinergi CSR di bidang kesehatan bersama Dinas Kesehatan Kab. Sanggau, Kecamatan Tayan Hilir dan Kecamatan Toba, PKK, dan Puskesmas yang bertemakan 'Penyegaran Kader Posyandu Balita dan Lansia' di Kecamatan Toba dan Tayan Hilir, Selasa (27/9) pagi.

Kegiatan pagi itu melibatkan 122 kader dari 22 posyandu di Desa Balai Belungai, Desa Lumut, Desa Teraju, Desa Belungai Dalam Kecamatan Toba serta Desa Pedalaman dan Tanjung Bunut Kecamatan Tayan Hilir. Ibu-ibu kader mendapatkan beberapa pelatihan, seperti capacity building untuk meningkatkan kerja sama tim dan kedisiplinan, serta materi mengenai posyandu langsung dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau.

Vice President Operation ANTAM, Setyawan Suseno mengatakan, kegiatan serupa memang sudah menjadi agenda besar dari ANTAM bersama ICA yang dilaksanakan setiap tahunnya untuk menjalin kerja sama antara perusahaan dan masyarakat. ANTAM berkomitmen untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan ibu-ibu dan anak di wilayah sekitar perusahaan. "Para ibu di sini merupakan ujung tombak dalam pemeliharaan kesehatan dan pencegahan penyakit bagi generasi penerus melalui posyandu" katanya kemarin.

Kemajuan posyandu bergantung pada kualitas para kader. Melalui CSR, ANTAM dan ICA berusaha membantu dan diharapkan hal ini bisa terus berlanjut. "Teruskan amanah ini," katanya. Kualitas kader-kader posyandu diharapkan terus meningkat untuk menopang kesehatan di tingkat desa.

Direktur Teknik ICA, Muhammad Asril mengatakan, kegiatan-kegiatan CSR ICA yang tersebar di berbagai lokasi sekitar perusahaan dilkoordinasikan oleh Departemen CSR & ER ICA. Kegiatan CSR yang bernilai baik dan bermanfaat akan terus dilaksanakan secara berkelanjutan. "Selain fokus di bidang kesehatan seperti kegiatan pada hari ini, kita juga memperhatikan secara baik di bidang pendidikan, ekonomi, sosial, dan budaya," ujarnya.

ICA sangat mendukung kegiatan posyandu dan kita sangat terbuka untuk dapat terlibat dalam program kesehatan masyarakat. Kami sangat senang atas kehadiran ibu-ibu posyandu dengan penuh semangat. Semoga pelatihan dan capacity building untuk kader posyandu ini bermanfaat dan dapat meningkatkan mutu pelayanan di posyandu masing-masing, jelasnya.

Pada kesempatan kali ini ANTAM dan ICA juga memberikan apresiasi kepada 29 kader posyandu atas bakti pengabdiannya yang lebih dr 10 tahun. Mereka mendapatkan penghargaan berupa sejumlah Emas Logam Mulia kepada masing-masing kader posyandu. "Mereka telah mengabdi kepada posyandu dalam waktu yang tidak singkat. Bekerja secara sukarela. Mereka berhak mendapatkan penghargaan yang sepantasnya," jelasnya.

Dalam acara tersebut turut hadir Camat Toba, Sekretaris Camat Tayan Hilir, Ketua PKK Kec Toba, Kepala Seksi Lansia Dinas Kesehatan Sanggau Najori, Kepala Puskesmas Kawat, Kepala Puskesmas Pulau, Kepala Puskesmas Toba, Kepala Desa Pedalaman, Tanjung Bunut, Balai Belungai, Lumut, Teraju, dan Belungai Dalam. (c16/ser)

Berita Terkait