Angkat Ratusan Tenaga Honorer

Angkat Ratusan Tenaga Honorer

  Kamis, 25 Agustus 2016 09:30
SERAHKAN SK: Bupati Rusman Ali menyerahkan surat keputusan (SK) pengangkatan tenaga honorer menjadi calon pegawai negeri sipil Pemkab Kubu Raya.

KUBU RAYA— Sebanyak 340 tenaga honorer K1 dan K2 diangkat menjadi PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya.
”Pengangkatan ratusan tenaga honor menjadi PNS ini setelah melalui penilaian cukup baiknya hasil kinerja yang dilakukan selama beberapa tahun terakhir,” kata Bupati Kubu Raya, Rusman Ali usai secara resmi melakukan pengangkatan. Bagi ratusan tenaga honorer menjadi PNS di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Rabu (24/8).
Lantaran telah diangkat menjadi abdi negara, Rusman Ali mengimbau para PNS tersebut untuk bekerja secara disiplin dan terus berupaya maksimal melakukan berbagai inovasi dalam meningkatkan pelayanan publik bagi masyarakat.
”Dengan disiplin dan profesionalnya sikap pegawai dalam menjalankan tugas dan kewajiban yang diberikan, secara tak langsung memberikan dampak positif bagi cepat terealisasinya setiap target yang telah ditetapkan pemerintah daerah," kata Rusman Ali.
Pria yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Anggota DPR RI ini menegaskan akan memberikan apresiasi, bahkan reward bagi para PNS teladan, berprestasi dan memiliki kinerja baik. Begitu juga sebaliknya, Rusman Ali mengaku tidak akan segan memberikan sanksi tegas jika menemukan ada oknum PNS yang dinilai tidak disiplin atau memiliki kinerja yang buruk.
”Kalau sudah diperingatkan, masih ada oknum PNS yang memiliki kinerja yang buruk, bahkan sering tak disiplin maka akan saya berikan sanksi seperti dimutasikan ke daerah-daerah yang jauh dari tempat tinggalnya,” ucapnya.
Melakukan mutasi bagi para PNS menurut Rusman Ali pada dasarnya bukan sebuah sanksi, namun salah satu upaya pemerintah daerah dalam memberikan kesempatan bagi PNS untuk menunjukkan kemampuan yang dimiliki sekaligus meningkatkan kualitas kinerja. "Namun sayangnya banyak PNS yang takut dimutasi apalagi ke daerah pedalaman yang masih terisolir, dengan alasan takut jauh dari sanak keluarga," jelasnya.
Sementara itu Plt Sekda Kubu Raya, Odang Prasetyo menambahkan, agar setiap PNS bisa bekerja maksimal, maka pemerintah daerah setempat membuat kebijakan untuk menugaskan PNS di daerah asalnya masing-masing.
"Misalnya kalau yang sebelumnya sudah ada yang bertugas di Kecamatan Terentang, Batu Ampar dan sekitarnya, saat kami nilia kerjanya baik, maka akan kembali kami tempatkan di sana, sesuai daerah asalnya masing-masing," ucap Odang.
Diharapkan dengan ditugaskan di tempat asalnya, para PNS tersebut bisa bekerja dan memberikan pelayanan publik terbaik bagi masyarakat.
Meski begitu tidak menutup kemungkinan ada PNS yang ditugaskan di luar daerah asalnya. "Kami lihat situasi dan kondisinya, kalau memang memungkinkan, akan ada PNS yang ditugaskan di luar daerah asalnya, sesuai dengan kebutuhan," paparnya.
Dari 340 PNS tersebut, kata Odang sebagian besar merupakan tenaga pengajar yang akan disebar di sembilan kecamatan di Kubu Raya.
"Kalau dirincikan dari 340 itu terdapat 248 tenaga pengajar atau guru, 9 tenaga kesehatan dan 83 tenaga teknis yang akan disebar kesetiap SKPD yang membutuhkan di Kubu Raya," terangnya.
Cukup banyaknya alokasi tenaga pengajar diharapkan Odang bisa menutupi masih banyaknya kekurangan tenaga guru di Kubu Raya.

Rerata para PNS yang diangkat tersebut masa kerjanya sebagai tenaga honor bervariasi mulai dari 8 tahun hingga 11 tahun. "Jadi kalau PNS umum itu maksimal umurnya 35, ini yang diangkat dari K1 dan K2 ada yang umurnya sudah sekitar 39 tahunan," ungkapnya.
Disinggung soal disiplin pegawai, kata Odang, sama seperti ketentuan yang telah ada, Pemkabakan memberikan hukuman atau sanksi bagi setiap PNS yag dinilai tidak bekerja dengan baik sesuai dengan tingkat kesalahan.
"Jenis sanksi yang diberikan beragam mulai dari sanksi teguran, ringan, sedang, berat, seperti  penundaan kenaikan berkala, penundaan kenaikan pangkat, penundaan dan penurunan jabatan hingga sanksi pemecatan. Intinya Semua sanksi itu diberikan sesuai dengan tingkat kesalahan," pungkasnya.
Odang juga berharap setiap PNS terutama di Lingkungan Pemkab Kubu Raya bisa terus berlomba dan memotivasi diri untuk memberilan hasil kerja dan prestasi terbaik. "Adanya kinerja dan prestasi yang baik dari setiap pegawai ini juga membantu kami dalam menata dan mempercepat pembangunan di Kubu Raya," pungkasnya. (ash)