Anggaran Pemda untuk Poltekkes Dilarang

Anggaran Pemda untuk Poltekkes Dilarang

  Sabtu, 17 September 2016 18:34

Berita Terkait

Merjer dengan PTN Setempat Mencuat

PONTIANAK – Kementerian Dalam Negeri melarang aliran uang Pemerintah Daerah untuk Politeknik Kesehatan milik Pemda. Alasannya adalah pendidikan tinggi itu kewenangan pemerintah pusat. Seluruh Poltekkes yang tersebar di penjuru tanah air terancam bangkrut. Menristekdikti Muhammad Nasir dalam kunjungannya ke Universitas Tanjungpura, Sabtu (17/9) mengatakan saat ini pihaknya dan Kementerian Kesehatan, serta Kementerian Dalam Negeri sedang mencari solusi untuk itu.

Nasir mengatakan proses pendidikan dan mahasiswa yang ada di dalamnya tidak boleh dirugikan. Akhirnya ada sejumlah Poltekkes yang marger atau melebur ke kampus negeri. Menurut Nasir cara paling mudah untuk menyelamatkan poltekkes milik pemda itu adalah merjer dengan perguruan tinggi negeri terdekat, baik yang di bawah Dikti maupun Kemenkes.

“Kami sedang membahas ini. Bagaimana proses penggabungannya. Masalahnya juga cukup komplek. Ini bagaimana soal asset, sumber daya manusia, status kepegawaian untuk tenaga pengajar, mahasiswa dan hal lainnya. Semoga dalam waktu dekat ketemu jalan keluar terbaiknya,” ucapnya.

Sementara itu, Rektor Untan tak banyak berkomentar soal wacana penggabungan poltekkes di bawah Pemda dengan perguruan tinggi negeri itu. “Itu kewenangan pemerintah pusat. Kami sebagai perguruan tinggi negeri di daerah yang memiliki program-program studi kesehatan siap menampung jika pemerintah memberikan amanat tersebut,” ujarnya.

Untan sendiri adalah satu dari sedikit perguruan tinggi negeri di Kalimantan Barat yang memiliki jurusan bidang medis dan kesehatan di Fakultas Kedokteran. Ada tiga program studi di Fakultas Kedokteran Untan, yaitu; Pendidikan Dokter, Farmasi dan Keperawatan. Untan juga memiliki rumah sakit sendiri yang dengan fasilitas dan sumber daya lumayan lengkap.

Dalam kunjungannya ke Untan untuk bertemu dengan para penerima beasiswa Bidikmisi, Menristekdikti juga menyempatkan diri untuk meninjau Rumah Sakit Untan. Di sana dia berdialog dengan manajemen rumah sakit dan para mahasiswa coas. (ars)

 

 

Berita Terkait