Aneka Soto Nusantara

Aneka Soto Nusantara

  Kamis, 4 Agustus 2016 10:20

Berita Terkait

Soto memiliki cita rasa beragam dan digemari banyak orang. Apalagi ketika dinikmati  selagi hangat, membuatnya memiliki tempat tersendiri di hati para penikmat kuliner. Pilihan yang beragam menjadi keunikan tersendiri dari makanan berkuah ini.

Oleh : Marsita Riandini

Indonesia memiliki variasi kuliner dengan cita rasa yang beragam. Satu jenis kuliner saja, bisa berkembang menjadi beberapa bentuk sajian. Salah satunya adalah soto. Umumnya, soto merupakan makanan khas Indonesia yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Tetapi ketika Anda berkunjung ke berbagai wilayah di Indonesia, akan menemukan sajian soto dengan kombinasi yang berbeda.

Tak hanya sajiannya saja, sebutannya pun juga beragam. Ada yang menyebutnya soto, sroto, suato, tauto, ada pula yang menyebutnya coto. Seperti di daerah Makasar,  istilah soto lebih populer dengan sebutan coto.

Soto pun menjadi sajian favorit banyak orang. Tak hanya sedap dinikmati kala musim hujan, di saat cuaca cerah pun soto tetap digemari. Tak heran, di sejumlah rumah makan, ataupun hotel berbintang juga menyediakan kuliner berkuah ini. Salah satunya bisa Anda temukan di Hotel Aston Pontianak, Jalan Gajah Mada dari tanggal 1 Agustus hingga 14 Agustus 2016 mendatang.

Anda bisa menikmati sajian soto dari berbeda setiap harinya. Soto yang dipilih dari berbagai wilayah ini pun memiliki ciri khas masing-masing, tak hanya bahannya saja, tetapi juga rasanya.

Seperti yang disajikan kepada tim For Her saat bertandang ke hotel berbintang empat itu. “Bulan ini sengaja kami sajikan aneka soto dari berbagai wilayah, untuk memanjakan para pengunjung. Sebab soto memang menjadi pilihan makanan yang banyak digemari orang. Minggu ketiga dan keempat bulan Agustus ini, kami akan menyajikan menu Bambu Merah Putih, untuk menyambut hari kemerdekaan,” papar Abang Zikwan, Executif Chef Hotel Aston Pontianak.

Mendengar kota Madura pasti yang terlintas dibenak Anda adalah sate Madura yang sangat enak serta memiliki bumbu kacang yang mantap. Tapi ternyata tak hanya sate, soto Madura pun tak kalah sedap untuk menemani santap siang Anda. Soto madura menjadi sajian pertama yang akan For Her ulas kali ini.

Dari bahan dasar dan juga bumbu-bumbunya tidak jauh berbeda dari soto lainnya. Itu sebabnya, soto Madura sama-sama enak dengan soto lain. Pada menu yang satu ini, tomat dan daging mendominasi. “Biasanya ada yang menggunakan jeroan. Tetapi kami sengaja tidak menggunakan jeroan, melainkan hanya daging saja. Sebab tidak semua orang bisa makan jeroan, apalagi mempertimbangkan kesehatan,” ucap chef asal Jambi ini.

Sajian soto lainnya adalah soto Betawi. Soto ini populer di masyarakat Jakarta selain kerak telornya. Soto Betawi ala chef Zikwan ini menggunakan potongan sayur lobak, daging yang dipotong-potong ukuran sedang, juga ditaburi kacang kedelai. Kuah hangat yang bening disajikan dengan sepiring nasi tentu membuat makan siang Anda terasa spesial.

Soto lainnya yakni soto ayam. Soto ayam juga banyak digemari masyarakat. Seperti soto pada umumnya, soto ayam ini dilengkapi dengan sajian bihun dan potongan telur yang direbus. Kuahnya menggunakan bumbu kuning. Aromanya sedap yang membuat Anda tak sabar ingin mencicipinya. **

Berita Terkait