Ancaman Diabetes, Kontrol Gula Darah dengan 3 Cara Ini

Ancaman Diabetes, Kontrol Gula Darah dengan 3 Cara Ini

  Rabu, 18 Oktober 2017 09:21
Ilustrasi (Dok.Jawapos)

Berita Terkait

DIABETES sudah menjadi penyakit masyarakat dunia.Kebiasaan hidup dan tren makan berlebihan menimbulkan dampak obisitas. Akibatnya diabetes tipe II kini bergesar pada usia muda.

Diabetes pada anak dikenal dengan diabetes tipe I. Anak dengan kondisi ini sejak kecil sudah mengalami diabetes bahkan dari usia di bawah 10 tahun.

Mereka bisa mengalami diabetes karena organ pankreasnya tidak berfungsi sejak lahir atau sejak kecil. Akibatnya, organ ini tidak dapat menghasilkan hormon insulin.

Pankreas Buatan

Baru-baru ini para ilmuwan di luar negeri telah mengembangkan sistem pankreas buatan yang terintegrasi dengan aplikasi smartphone untuk terus memantau tingkat gula darah penderita diabetes dan secara otomatis memberikan dosis insulin yang dibutuhkan. Penelitian dilakukan selama 60 ribu jam.

Selama penelitian, 30 pasien dengan diabetes tipe 1 menjalani rutinitas normal sehari-hari mereka sementara sistem pankreas buatan terus memantau tingkat glukosa mereka dan secara otomatis menyesuaikan pengaturan pemberian insulin.

Orang dengan diabetes tipe 1 harus memantau dengan seksama kadar glukosa darah dan jika perlu, berikan dosis insulin baik melalui suntikan jarum maupun pompa infus.

Pankreas buatan dirancang untuk meniru fungsi pengaturan glukosa seseorang yang sehat.

Selain pankreas buatan, ada juga beberapa solusi alami yang membantu seseorang mengelola diabetes secara efektif seperti dilansir dari Boldsky, Selasa (17/10).

Pare

Pare adalah salah satu sumber alami terbaik yang membantu mengendalikan diabetes. Pare membantu meningkatkan sekresi insulin pankreas dan mencegah resistensi insulin.

Segelas jus pare di pagi hari saat perut kosong akan membantu mengendalikan kadar gula darah.

Kayu Manis

Kayu manis mengandung komponen bioaktif yang membantu mencegah diabetes. Tambahkan setengah sendok teh kayu manis ke dalam secangkir air hangat dan meminumnya setiap hari di pagi hari sebagai pengendali gula darah.

(ika/JPC)

Berita Terkait