AMS Group Kukuhkan 19 Desa Siaga Api

AMS Group Kukuhkan 19 Desa Siaga Api

  Senin, 16 May 2016 10:29
FOTO BERSAMA: Jajaran Pimpinan AMS Group, berfoto bersama Bupati Kubu Raya, Rusman Ali dan sejumlah instansi terkait usai acara pengukuhan Program Desa Siaga Api.

Berita Terkait

KUBU RAYA-Agro Mandiri Semesta (AMS) Group kembali membuktikan kepeduliannya untuk turut membantu mencegahan atau mengantisipasi kembali terjadinya kebakaran hutan, lahan dan kebun dengan melakukan pengukuhan desa siaga api bagi 19 desa diempat kecamatan di Kubu Raya seperti Sungai Raya, Sungai Kakap, Rasau Jaya dan Sungai Ambawang.

General Estate Manager Kubu Raya-1 AMS Group, Sri Sampurno menyatakan program pengukuhan desa siaga api mulai dilakukan tahun 2016 dengan tujuan bisa memberikan kontribusi  maksimal bagi pemerintah dalam mengantisipasi atau mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. “Desa-desa yang kami kukuhkan menjadi desa siaga api, yakni desa yang letaknya dekat atau bersinggungan langsung dengan lokasi kebun perusahaan,” kata Sri Sampurno usai menghadiri pengukuhan Desa Siaga Api di Hotel Gardenia, Kamis (12/5).

Sri menilai andil perusahaan cukup besar untuk membantu menekan kembali terjadinya titik api terutama di desa yang letaknya tak jauh dari lokasi kebun perusahaan. “Perusahaan kami sendiri saat ini telah memiliki satgas pemadam kebakaran di internal perusahaan, namun kami juga ingin di lingkungan desa ikut serta berperan aktif upaya antisipasi kembali terjadinya kebakaran hutan dan lahan bisa dilakukan,” katanya.

Mulai Juni hingga November 2016, AMS Group, kata Sri, pihak perusahaan mulai memberikan insentif bagi setiap desa untuk melakukan patroli setiap harinya sebesar Rp75 ribu. “Tidak hanya itu bagi desa yang bisa mencegah atau tidak ada kebakaran hutan dan lahan akan kami berikan reward senilai antara  Rp80 juta sampai dengan Rp100 juta, yang dikalkulasikan sesuai dengan luasan area batas administrasi desa,” ungkapnya.

Dengan adanya kepedulian pihak perusahaan tersebut, diharapkan Sri, bisa mendorong semangat masyarakat 19 desa di Kubu Raya untuk lebih optimal dalam mengantisipasi atau melakukan upaya pencegahan terjadinya kebakaran hutan, lahan dan kebun disekitar lingkungannya.

Selain itu, kata Sri pada 17-19 Mei AMS Group juga memberikan pembekalan pelatihan bagi kelompok masyarakat peduli api, dengan tujuan untuk memantapkan keterpaduan dan skill masyarakat dalam melakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Sementara itu Bupati Kubu Raya, Rusman Ali SH memberikan apresiasi yang sangat baik terhadap kepedulian AMS Group yang telah membentuk sekaligus memberikan insentif bagi desa siaga api. “Saya sangat mendukung langkah yang dilakukan AMS Group, semoga saja apa yang dilakukan  AMS Group ini bisa menjadi contoh dan kedepan akan lebih banyak pihak perusahaan lainnya terutama perusahaan perkebunan di Kubu Raya yang melakukan hal yang sama,” papar Rusman.        

Dengan kepedulian pihak perusahaan dalam membentuk desa siaga api, kata Bupati, secara tak langsung memberikan konstrbusi besar untuk membantu pemerintah dalam melakukan upaya antisipasi atau pencegahan kembali terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Kubu Raya.

Region Head AMS Group Kalbar, HM Yamin dalam sambutannya mengatakan, insentif Rp75 ribu per orang setiap harinya yang diberikan pihak perusahaan kepada petugas patroli api sifatnya sebagai stimulus saja, akan tetapi dalam menjaga dan memelihara serta ikut serta melestarikan lingkungan adalah menjadi kewajiban bersama secara individu selaku warga masyarakat.

Demikian juga H Haryoto Kapten Inf (Purn) selaku panitia penyelenggara acara pengukuhan menyatakan program desa siaga api menyampaikan, bahwa kegiatan ini sebagai wujud konsistensi perusahaan terhadap nota kesepahaman bersama yang telah ditandatangani saat rapat Evaluasi Pencegahan Penanggulangan Karhutla tahun 2015 pada 4 Maret 2016 lalu.

Secara terpisah General Estate Manager Kubu Raya II , Khairil Manar Jambak menambahkan pada acara sosialisasi bahwa upaya untuk mengurangi faktor manusia sebagai penyebab kebakaran lahan atau sumber api. “Melalui kegiatan pendampingan desa-desa rawan kebakaran menjadi pilihan penting bagi kita semua dalam mendukung program pengendalian kebakaran, upaya ini diperlukan keterpaduan langkah dan tindakan bersama,” pungkasnya. (**)

ANTUSIAS: Para Kades, Muspika dan undangan instansi terkait antusias menyimak sambutan Bupati Kubu Raya, Rusman Ali dalam pengukuhan program desa siaga api.

 

SIMBOLIS: Secara simbolis penanda tanganan MoU pengukuhan desa siaga api dari pihak perusahaan kepada salah satu perwakilan kepala desa.

 

Berita Terkait