Ambil Bagian di Sail Karimata

Ambil Bagian di Sail Karimata

  Sabtu, 8 Oktober 2016 10:25

Berita Terkait

KEPALA Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kapuas Hulu Antonius memastikan ikut berpartisipasi dalam kegiatan Sail Selat Karimata 2016 di Kecamatan Sukadana, Kayong Utara pada 15 Oktober mendatang. Berbagai persiapan sudah dilakukan dan dipastikan Kapuas Hulu akan memamerkan seluruh potensi wisata yang ada dibumi uncak kapuas ini.

“Sail Selat Karimata 2016 di Kecamatan Sukadana Kapuas Hulu ikut serta. Semua sudah kami siapkan sejak lama,” terang Antonius saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (7/10). Dalam acara bertaraf internasional tersebut, Kapuas Hulu akan menampilkan sejumlah keunggulan yang dimiliki Bumi Uncak Kapuas.Seperti tengkawang yangmenjadi maskot daerah dan kuliner khasdaerah Kapuas Hulu.

Mantan Kadispora Kapuas Hulu juga memastikan Bupati A.M Nasir akan hadir di acara Sail Karimata itu, didampingi Duta Pariwisata dan Duta Lingkungan Hidup. Untuk mengisi kegiatan di pameran, Disbudpar sudah  kmempersiapkan objek wisata unggulan. “Selain objek wisata unggulan, kami juga akan menampilkan maskot Kapuas Hulu hingga kuliner-kuliner khas daerah Kapuas Huku,”terang dia.

Disbudpar Kapuas Hulu juga akan menampilkan pertunjukan melalui sanggar, sanggar yang dibawa Disbudpar mengikuti acara Sail Karimata yakni dari Desa Semangut, Kecamatan Bunut Hulu. Sanggar Kapuas Hulu dijadwalkan tampil padatanggal 13 Oktober malam.“Ada lima penari, kerio dan anggota lainnya, semua ada 14 orang. Jadi tim dari Kapuas Hulu akan berangkat Senin (10/10)” terang Anton.

Semua potensi wisata di Kapuas Hulu akan ditampilkan dalam acara Sail Karimata, terutama objek wisata berkelas internasional yang ada di Kapuas Hulu seperti Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS) dan Taman Nasional Betung Kerihun (TNBK). Maskot Kapuas Hulu yang ditampilkan yakni tengkawang, karenaselama ini Kapuas Hulu merupakan daerah penghasil buah tengkawang terbesar.

“Kapuas Hulu penghasil tengkawang terbesar, Riak Bumi sudah mengolah tengkawang jadi minyak dan bahan komestik lainnya,” kata dia. Sementara dari kuliner khas Kapuas Hulu yang akan dipamerkan di Sail Karimata mulai tanggal 12-15 Oktober yakni, kerupuk basah, madu hutan hingga produk kerajinan tangan seperti tenun dan lainnya yang sudahdikenal oleh dunia internasional.(aan)

Berita Terkait