Amati Perilaku Biota Laut Saat Gerhana

Amati Perilaku Biota Laut Saat Gerhana

  Kamis, 10 March 2016 08:32
MENYELAM: Para penyelam mencoba mengamati prilaku biota laut saat gerhana matahari melitasi Kalbar, kemarin. ISTIMEWA

Berita Terkait

BENGKAYANG – Sekumpulan penyelam asal Pontianak yang tergabung dalam Inhasa Diving Club (IDC) melakukan cara berbeda untuk menikmati gerhana matahari. Tidak dengan melihat langsung momen-momen saat matahari menghilang, namun dengan menyelam. Tujuannya melihat perilaku biota laut. “Apakah ada perubahan perilaku pada saat gerhana matahari," ujar Ketua Inhasa Diving Club Arif Rudianto kepada Pontianak Post.

Menurut Arif, penyelaman dilakukan selama 20 menit dimulai dari pukul 6.30, di sekitaran Pulau Lemukutan, Bengkayang pada kedalaman 8 sampai 16 meter. "Setelah diamati, tidak ada perbedaan dan perubahan perilaku yang signifikan. Hanya saja visibiliti yang menjadi gelap seperti menyelam pada subuh hari," katanya.

Fenomena alam gerhana matahari total ini, lanjutnya, merupakan peristiwa langka. Tak diketahui periode pasti fenomena tersebut akan terjadi dan berulang di satu daerah. Berdasarkan perhitungan kasar, gerhana matahari total hanya akan terjadi sekitar 300 tahun sekali di satu daerah. "Kami tidak ingin melewatkan momen ini begitu saja," tutur pria alumni Universitas Diponegoro Semarang itu.

Inhasa diving club merupakan salah satu kelompok selam yang konsen kepada konservasi lautan serta pemerhati lingkungan. Beberapa yang menjadi focus dalam aktivitas IDC ini adalah peningkatan kapasitas melalui sertifikasi selam dan latihan rutin setiap minggunya, serta melakukan penelitian-penelitian di bidang kelautan dan lingkungan. Selain IDC, kegiatan tersebut juga melibatkan berbagai pihak, seperti PSDKP dan Basarnas.  (arf)

Berita Terkait