Amankan Telur Penyu

Amankan Telur Penyu

  Sabtu, 30 July 2016 09:30
BARANG BUKTI: Sebanyak 161 butir telur penyu yang berhasil diamankan petugas. DOK: BKSDA KALBAR

Berita Terkait

PONTIANAK - Tim Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan Tumbuhan Satwa Dilindungi (TSL) Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Barat mengamankan 161 butir telur Penyu di pasar tradisional Gang Bunga yang berlokasi di Jalan Merdeka Barat (depan Gg. Merak) Kota Pontianak, kemarin.

Selain mengamankan barang bukti petugas BKSDA yang dibackup oleh aparat kepolisian ini juga mengamankan pelaku  berinisal Ag, seorang penjual sayur sekaligus penjual telur satwa dilindungi itu.

Pelaku saat ini telah dimintai keterangan. Berdasarkan keterangan sementara, telur penyu tersebut  diperoleh dari seseorang bernama Budi, juru masak di salah satu kapal nelayan yang berasal dari  Pulau Tambelan-Kepulauan Riau.

"Pelaku membeli telur penyu tersebut pada hari Selasa tanggal 26 Juli 2016 dari Budi sebanyak 500 butir. Dan mulai diperdagangkan kembali pada hari Rabu tanggal 27 Juli 2016. Hingga hari Jumat tanggal 29 Juli 2016 telur penyu tersebut sudah laku terjual sebanyak 339 butir dan masih tersisa sebanyak 161 butir telur penyu," ungkap Kepala BKSDA Kalbar Sustyo Iriyono, kemarin.

Terhadap pelaku diberikan Surat Pernyataan agar tidak mengulangi perbuatan kembali dengan menjual telur Penyu.

Menurut Sustyo, pembinaan ini dilakukan agar pelaku mendapatkan efek jera, mengingat pelaku adalah seorang pedagang sayur sejak tahun 1980-an dan baru kali ini memperjual belikan telur penyu.

"Pembinaan ini dilakukan agar pelaku mendapatkan efek jera." katanya.

Menurutnya, pelaku sebelumnya juga tidak mengetahui bahwa memperniagakan, menyimpan atau memiliki telur penyu adalah perbuatan yang dilarang berdasarkan Undang-Undang Nomor No. 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumberdaya Alam dan Ekosistemnya.

Sementara itu, hingga saat ini masih terus dilakukan pengembangan kasus untuk mengungkap sindikat perdagangan telur penyu di Kota Pontianak dan sekitarnya.

Kemudian Barang Bukti berupa Telur Penyu berjumlah 161 butir tersebut diamankan di Kantor Balai KSDA Kalimantan Barat.(arf)

Berita Terkait