Alumni SMANTAGAMA

Alumni SMANTAGAMA

  Senin, 14 March 2016 10:02
FOTO BERSAMA: Alumni SMANTAGAMA foto bersama Wali Kota, Ketua TP PKK, dan Wakil Wali Kota Pontianak. IST

Berita Terkait

Hadiri Peresmian Gedung Baru SMAN 3

PERESMIAN gedung baru SMAN 3, Jl WR Supratman Pontianak, Sabtu, 12 Maret 2016, ditandai penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Wali Kota Pontianak, H Sutarmidji SH MHum; bersamaan peresmian gedung baru SMPN 10, SMPN 11, dan SMPN 24. Kegiatan dipusatkan di halaman SMPN 10. Usai peresmian Sutarmidji, Ketua TP PKK Pontianak, dan undangan lain berjalan kaki ke SMAN 3, diiring marching band siswa/i SMAN 3.

Dalam kemeriahan tersebut, forum komunikasi ikatan alumni (FKIA-SMANTAGAMA) turut hadir. Forum ini wadah alumni SMAN 3 angkatan 1979 – 2015. “Kami hadir atas undangan dinas pendidikan dan sekolah. Tingginya animo para alumni hadir di sini menunjukkan bahwa ikatan emosional sesama alumni dan almamater masih kuat. Terjalin hubungan kekeluargaan sangat akrab dan kompak,” ujar Y Trisna Ibrahim, Ketum FKIA SMANTAGAMA, disela-sela peresmian.
Hal tersebut juga ditandai pemberian karangan bunga selamat secara spontan dari alumni, baik perwakilan angkatan maupun perorangan. Angkatan 79, 80, 83, 84, 85, 86, 87, 89, 90, 91, 92, 93, 96, 97, 98, 2007, 2008, serta alumni CI (angkatan 1-6). Perorangan an Bambang Tulus Wahyomo (Ketua Peradi Pontianak), Reno Pramudya, serta Irwan & Irwin.

“Mewakili seluruh alumni, kami sangat mengapresiasi dan berterimakasih sebesar-besarnya kepada Pemkot Pontianak melalui dinas pendidikan yang sudah membangun kembali SMAN 3 dengan konstruksi bangunan permanen. Mudah-mudahan makin banyak sarana prasarana sekolah di Pontianak yang dibangun pemkot sesuai visi misi Kota Pontianak ‘terdepan dalam peningatkan sumberdaya manusia’ dapat terwujud dalam 10 besar prestasi tingkat nasional, sesuai harapan Bapak Sutarmidji,” paparnya.

FKIA juga berterimakasih kepada kepala SMAN 3 dan komite sekolah yang telah mengundang dan bekerjasama. “Mudah-mudahan kebersamaan dan silaturahmi ini dapat terus terjalin ditingkatkan ke depannya,” ujar Trisna.

Terpisah, Sekum FKIA Indra Juwita menyampaikan, alumni bersama sekolah dan komite akan menggelar beberapa kegiatan dalam perayaan HUT Emas (ke-50) SMAN 3 pada Februari 2017. “Puncak acara, malam keakraban dan temu alumni rencananya kami gelar di PCC. Kami harap, seluruh alumni dapat ikut dan sukseskan acara ini. Kami harap, ini sekaligus pemberitahuan awal kepada seluruh alumni di sini, luar Kalimantan Barat, maupun luar negeri,” kata Indra.

Lebih lanjut, ujarnya, sebagai media informasi dan komunikasi alumni lintas angkatan, selain Facebook dan WhatsApp, akan ada aplikasi mobile berbasis Android dan IOS dari FKIA SMANTAGAMA. “Ide ini sedang dalam proses pengembangan, sehingga alumni yang ada di luar negeri pun bisa terhubung membangun database,” terangnya.

Setali tiga uang, Kepala SMAN 3, Fatmawati, mencita-citakan hal serupa. Katanya, “Acara besar HUT Emas ke-50 bakal dibentuk panitia dari guru, komite, dan alumni. Karena setengah abad, kami ingin buat acara besar. Jika bisa datangkan artis, yang pastinya butuh bantuan alumni.” Ia pun berterimakasih kepada alumni yang telah datang mensukseskan acara peresmian.

Hermansyah (alumni 1984), salah satu Pembina FKIA SMANTAGAMA menegaskan, lembaga pendidikan memiliki hubungan baik dengan para alumni. “Universitas Indonesia, ikatan alumninya luar biasa. Ini bisa jadi contoh. Tentunya tingkat sekolah juga sebuah keniscayaan. Hubungan alumni dan lembaga tidak bisa dipisahkan. Guna membesarkan lembaga, peran alumni suatu keharusan,” ujarnya.

Hubungan emosional yang tidak bisa dipisahkan ini, kata dia, dapat dilihat dari banyaknya karangan bunga ucapan selamat dari para alumni. Para alumni juga sepakat untuk hadir dalam acara peresmian ini. Dengan atasan serba putih dan pin bertuliskan FKIA SMANTAGAMA, mereka memenuhi kursi tamu undangan. (mif/ser)

Berita Terkait