All New Hilux Merah Hanya Dijual di Kalbar

All New Hilux Merah Hanya Dijual di Kalbar

  Sabtu, 5 December 2015 08:55
BARU: Peluncuran All New Innova di Pontianak, Kamis (3/11), dihadiri Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor Hiroyuki Fukui. Juga diluncurkan All New Hilux warna merah terang tersebut yang hanya dipasarkan untuk di Kalbar. ARISTONO/PONTIANAK POST

Berita Terkait

PONTIANAK – Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor Hiroyuki Fukui secara langsung meluncurkan All New Innova di Hotel Mercure Pontianak, kemarin (3/12). Ini adalah pertama kali dia berkunjung ke Kalimantan Barat.

Fukui mengatakan Kijang Innova generasi ke-6 ini benar-benar menghadirkan nuansa baru bagi para pecinta MPV medium. Berbagai penambahan dan perubahan bentuk dilakukan oleh Toyota. “Hadir dengan konsep baru yakni Redefine Toughness, Kijang Innova memiliki fitur yang terdepan dan kami bangga ini menjadi world premiere All New Kijang Innova,” katanya.

Platform mobil keluarga tersebut dibuat berbeda dengan generasi sebelumnya. Agar kesan tangguh bisa terwakili, frame kendaraan yang digunakan berjenis ladder. Fukui mengklaim bagian sisi kendaraan dibuat lebih halus dengan tambahan grill  depan yang besar agar terlihat lebih kokoh dan gagah. Sebelumnya, Kijang pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada 1977. Hingga pada 2004 Toyota kemudian memperkenalkan Kijang Innova sebagai generasi kelima. “Kijang sudah terjual 1,6 juta unit di Indonesia. Dan saya yakin All new Kijang Innova bisa meneruskan legenda Kijang generasi sebelumnya,” ujarnya.
Direktur Utama Anzon Auto Plaza, maindelaer Toyota di Kalbar, LT Susanto mengatakan Innova akan mendapat sambutan baik di Kalbar. Di Kalbar, Susanto bahkan berani manargetkan meraup pangsa pasar MPV medium hingga 80 persen. “Innova sudah sangat melegenda di sini, seperti di Indonesia. Belum launching saja sudah ada 30-an orang yang memesan, dan mereka sudah panjar. Kami yakin mobil ini akan sama suksesnya bahkan lebih dari Kijang sebelumnya,” sebut dia.
Kendati demikian, untuk pertumbuhan baik TAM maupun Anzon tidak yakin dapat tumbuh sebaik tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini saja pertumbuhan penjualan mobil berada pada posisi minus. “Tahun depan target kami hanya 0 persen. Penjualannya akan sama seperti tahun ini. Atau bisa lebih rendah lagi. Kita melihat perkembangan ekonomi yang belum akan terlalu membaik drastis,”katanya.Namun, sebagai leader di industri otomotif Indonesia, Toyota akan berusaha meningkatkan lagi market share-nya. “Tahun ini market share kami 31,7 persen. Tahun depan mungkin di atas 32 persen. Kami akan meluncurkan mobil tipe-tipe baru yang cocok untuk kebutuhan masyarakat Indonesia,” tukas orang yang mengaku kelezatan kuliner Pontianak ini.

Hilux Merah
Selama ini Toyota tidak memproduksi All New Hilux cabin tunggal di Indonesia. Namun bulan ini, pabrikan asal Jepang tersebut mulai membuatnya. Hanya saja All New Hilux warna merah terang tersebut hanya boleh dipasarkan untuk Kalimantan Barat.Hal ini ditegaskan oleh Presiden Toyota Astra Motor, Hiroyuki Fukui saat meluncurkan All New Innova di Pontianak, kemarin (3/12). “Hilux single cabin memang tidak ada warna merah. Tetapi spesial untuk Kalbar, kita hadirkan,” ujarnya.

Disebutkan dia, permintaan untuk diadakannya Hilux merah ini datang dari Direktur Utama Anzon Auto Plaza, maindealer di Kalbar, LT Susanto. Nama terakhir ini menyebut, permintaan atas mobil niaga warna merah begitu tinggi. Akan tetapi Toyota memang tidak memproduksinya. “Beberapa waktu lalu saya memohon kepada TAM untuk bikin warna merah. Dan ternyata disetujui khusus untuk Kalbar. Tentu kita harus berbangga,” kata Susanto.

Sepanjang semester satu 2015, pasar kendaraan niaga menghadapi tantangan karena tren pertumbuhan ekonomi melemah. Namun demikian, Toyota tetap meluncurkan tipe terbarunya, All New Hilux 2x4 dan 4x4. Kata dia, Hilux baru ini menjadi kendaraan pick-up komersial tangguh pada segala medan, terutama karena didukung performa mesin yang sangat mumpuni namun sangat aman dikendarai. “Selain tampil dengan desain dan model terbaru, kehadiran All New Hilux merupakan sebuah unbreakable-advance pick-up  atau  puncak kemajuan perubahan teknologi Toyota untuk kendaraan segmen pick-up.
Dia sangat yakin, produk ini dapat diterima oleh para konsumennya. Disebutkan dia, saat ini Hilux menjadi pemimpin pasar di kelasnya, dengan mengambil kontribusi hingga 41 persen. Di Kalbar sendiri, Hilux baru ini ditargetkan sampai akhir tahun dapat terjual 400 unit untuk tipe 4x2, dan 140 unit untuk tipe 4x4. (ars)

Berita Terkait