Aliran Parit RSUD Tak Terawat

Aliran Parit RSUD Tak Terawat

  Sabtu, 27 Agustus 2016 13:27
SUNGAI: Aliran parit RSUD tak terawat tampak aliran sungai tertimbun sampah di lingkungan RSUD Abdul Aziz Kota Singkawang.

Berita Terkait

SINGKAWANG—Sejumlah masyarakat meminta pemerintah daerah terkait memperhatikan kebersihan aliran parit yang berada di lingkungan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Aziz Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

 

Ini karena aliran parit yang berdampingan dengan Rumah Sakit Umum Daerah tidak tertata dengan baik. Bahkan aliran parit tertutup sambah dan membusuk karena kurang dibersihkan dan diperhatikan oleh pemerintah daerah.

 

“Sudah lama aliran parit ini tidak dibersihkan dan dikelola dengan baik oleh dinas terkait. Akibatnya aliran parit tidak mengalir dengan lancar karena tersumbat banyaknya sampah,” ucap Warga Kecamatan Singkawang Barat Abdullah, Jumat (26/8) kepada media ini.

 

Dia mengatakan tersumbatnya aliran parit ini tidak hanya berada di lingkungan Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Aziz Kota Singkawang. Tetapi tidak lacarnya aliran parit ini hampir disetiap aliran parit yang menjadi ruang tatakota di pemerintahan Kota Singkawang.

 

Ia menuturkan tidak terawatnya aliran parit yang berada di lingkungan rumah sakit karena lemahnya penataan ruangtatakota di pemerintahan Kota Singkawang. Ini membuktikan bahwa pemerintah daerah kurang pekak dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan masyarakat di Kota Singkawang.

 

“Kami meminta dinas terkait membersihkan aliran parit dan sungai. Supaya ruang tatakota kita menjadi bersih dan tertata dengan baik. Begitu juga dengan masyarakat juga wajib memperhatikan kebersihan lingkungan terutama kebersihan di lingkungan rumah sakit umum daerah,” ungkapnya menujukan aliran parit yang tersumbat karena banyaknya tumpukan sampah.

 

Wakil Ketua DPRD Kota Singkawang Sumberanto Tjitra menyatakan belum lama ini kebersihan sungai maupun parit menjadi perhatian khusus dari pemerintah daerah melalui Dinas Kebersihan dan Perumahan Kota Singkawang. Sehingga penataan pemukiman rumah dan penataan kebersihan lingkungan masyarakat dapat terjaga dengan baik.

 

“Kita minta kepada dinas kebersihan ikut membersihan aliran parit yang tersumbat. Supaya aliran parit dapat mengalir lancar. Jangan hanya membersihan aliran parit waktu ditegur saja, tetapi membersihkan aliran parit harus disemua aliran air yang tersumbat,” tegasnya.

 

Dia meminta kepada pemerintah terkait agar memperhatikan kebersihan sungai dan kebersihan parit di lingkungan masyarakat. Supaya penataan dan pengelolaan ruang tatakota dapat tercipta dengan baik. Hal ini juga dibutuhkan kerjasama daripihak pemerintah dan masyarakat guna menjaga kebersihan lingkungan baik di Rumah Sakit Umum Daerah maupun di pusat pemerintahan Kota Singkawang.

 

Ia mengharapkan menjaga kebersihan lingkungan diperlukan adanya kesadaran dari seluruh elemen masyarakat. Yakni memberikan contoh tauladan dengan membuang sampah pada tempatnya. Serta tokoh masyarakat juga ikutserta menjaga kebersihan lingkungan di seluruh kecamatan yang berada dibawah naungan pemerintahan Kota Singkawang.

 

 

“Kita minta kebersihan lingkungan bisa kita jaga secara bersama-sama. Sedangkan aliran sungai yang tersumbat, ini akan menjadi perhatian pemerintah melalui dinas kebersihan dan perumahan Kota Singkawang,” tutup Sumberanto Tjitra juga Ketua DPD Partai Nasdem Kota Singkawang. (irn)

Berita Terkait