Alex Noerdin Bangga Sumsel Jadi Model Sport Tourism

Alex Noerdin Bangga Sumsel Jadi Model Sport Tourism

  Sabtu, 9 April 2016 12:35

Berita Terkait

GUBERNUR Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin menyambut baik kepercayaan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, yang menjadikan Sumsel sebagai model sport tourism nasional.

"Saya, atas nama 8,4 juta rakyat Sumsel, mengucapkan terima kasih atas kepercayaan ini," kata Alex Noerdin, yang hadir di Jakarta dalam peluncuran International Musi Triboatton (IMT) 2016.

Menurut Alex Noerdin, Sumsel siap menggelar event apa pun. Bahkan, jika besok diminta menggelar Asian Games, Sulsel siap.

"Asal jangan hari ini, karena saat ini ada IMT 2016," Alex Noerdin berkelakar.

IMT 2016 adalah gelaran tahunan Sumsel. Ini gelaran kelima, dan akan berlangsung 11 sampai 15 Mei di empat kabupaten dan satu kota.

IMT 2016 dibagi ke dalam lima etape, dengan total panjang lintasan 523 kilometer. "Dari tahun ke tahun, IMT semakin berkualitas dan terekspose ke luar," ujar Noerdin.

Triboatton lomba yang melibatkan tiga cabang olahraga; arung jeram, kayak, dan traditional boat. Perhelatan ini sering terhambat masalah debit air Sungai Musi.

Di musim hujan, air Sungai Musi berlimpah, dan menyusut jika musim kemarau. Cuaca yang sulit diprediksi, sehingga sulit menentukan waktu yang tepat untuk penyelenggaraan.

"Namun, masalah itu membuat kita sadsar akan pentingnya menjaga catching area, yaitu hutan," kata Noerdin. "Air harus tetap mengalir ke sungai, membawa top soil kecokelatan."

Berita Terkait