Alat Petani Sudah Modern

Alat Petani Sudah Modern

  Sabtu, 19 November 2016 09:30

SANGGAU – Kemajuan teknologi harus dimanfaatkan petani untuk menjadi petani modern. Petani yang dulunya mengolah sawah secara tradisional diharapkan beralih menjadi petani modern dengan dukungan Alat dan Mesin Pertanian atau disingkat Alsintan

.Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot menyampaikan perubahan ke alat modern tersebut juga harus didukung oleh para penyuluh pertanian untuk mengoperasionalkannya sehingga petani benar-benar bisa memanfaatkannya dengan baik.

 Pemerintah pusat sendiri sedang gencarnya mendorong  masyarakat agar meningkatkan produksi pertanian khususnya padi agar tujuan swasembada pangan terwujud. “Ini tentunya memerlukan kerja keras kita semua terutama  petani,” katanya.

Berkaitan dengan mesin pertanian yang tersedia, animo atau kemauan masyarakat untuk menggunakan dan memanfaatkannya  perlu disosialiasikan dan dilatih betul penggunaannya jangan sampai barang tersebut hanya sebagai pajangan saja.
“Kalau petani tidak paham pakainya paling ujung-ujungnya jadi besi tua. Nah ini yang saya tidak mau. Makanya penyuluh harus benar-benar menjelaskannya dan melatih petani sampai mereka pandai dan mengerti,” pintanya.

Orang nomor dua di Sanggau ini juga berpesan supaya petani bangkit dibidang pangan tidak ada ketergantungan dengan negara luar karena pemerintah sudah mulai  mengurangi  impor beras.
“Makanya, keberhasilannya itu ditentukan petani dalam mewujudkan swasembada padi. Harapan kita kedepan hasil dari pertanian ini dapat membantu perekonomian masyarakat  khususnya masing masing keluarga  tidak lagi berpikir untuk membeli beras dan penghasilan lainnya seperti berkebun, menoreh dan sebagai nelayan dapat untuk  memenuhi kebutuhan lainnya. (sgg)