Alami Susah Tidur

Alami Susah Tidur

  Senin, 29 February 2016 07:35

Berita Terkait

Who doesn’t love to sleep? Tidur adalah fenomena alami dan merupakan kebutuhan hidup manusia yang utama. Menurut berbagai penelitian nggak akan ada orang yang mampu bertahan lama tanpa tidur. Tapi gimana ceritanya kalo kita ngalamin susah tidur? Honestly, pasti akan ada saatnya ketika kamu ngalamin susah tidur. Iya, anak bayi yang lagi sakit aja bisa ngalamin susah tidur. Actually kenapa sih sampe susah tidur? Then gimana solusinya biar bisa cepat tidur? Simak yuk curcol dari Sobat X berikut!

Kebanyakan Tidur Siang

Sedari kecil orang tua sering menyuruh anak-anaknya buat tidur siang. Tapi namanya juga anak-anak kalo disuruh tidur siang malah sibuk main sama teman-temannya. Seiring dengan perkembangan dan pertambahan umur akhirnya kita malah menyukai aktivitas tidur siang. Aktivitas yang saat kanak dibenci malah menjadi hal favorit yang selalu ingin dilakukan dan dirindukan. Seperti Andreas Vernando yang sangat menyukai tidur siang hingga kebablasan. Iya, kebablasan karena tidur siangnya terlalu lama yang menyebabkan doi jadi susah tidur saat malam hari. “Aku termasuk orang yang susah tidur. Penyebabnya sih gara-gara kebanyakan tidur siang. Kadang durasi waktu tidur siangku bisa sampe 5 jam. Biasanya sih kalo udah susah tidur aku suka baca buku biar cepat ngantuk. Apalagi kalo baca buku pelajaran, dijamin nggak sampe 5 menit udah berhasil bikin ngantuk,” tutur siswa SMP Putra Khatulistiwa ini. Duh, kalo tidur siangnya udah sampe 5 jam sih udah kebanyakan banget, dear. FYI nih, ternyata tidur siang yang menyehatkan itu durasi waktunya hanya 1 jam. So, usahakan jangan sampe kebanyakan tidur siang ya, guys.

Terbiasa Tidur Larut

Bertambahnya umur menyebabkan semakin banyaknya aktivitas yang dilakukan. Hal ini juga diikuti oleh semakin mundurnya jam tidur kita. Tentunya jam tidur kita saat masih kanak-kanak dengan yang sekarang berbeda sekali. Bisa dikatakan kalo banyaknya aktivitas mengurangi jam tidur hingga kita harus tidur larut malam. Firmansyah juga setuju banget tentang ini. Doi mengaku karena udah terbiasa tidur larut malam membuat dia jadi susah tidur. “Susah banget tidur karena udah terbiasa tidur larut malam. Pengen banget bisa tidur awal biar bisa bangun pagi. Kalo udah tidur larut malam kan biasanya jadi kesiangan bangun. Berabenya kalo kesiangan pas hari sekolah. Biar cepat ngantuk aku suka nonton TV atau maen HP sih. Nggak apa-apa deh ketiduran depan TV yang penting bisa tidur,” cuap siswa SMK Putra Khatulistiwa ini. Berabe banget ya kalo udah terbiasa larut malam. Apalagi kalo gara-gara tidurnya larut malah bikin kamu jadi kesiangan bangun. Oleh karena itu, jangan lupa setel alarm, genks!

Banyak Pikiran

Berbeda dengan Andreas dan Firmansyah, Stella Ghassani punya alasan lain. Menurut siswa SMA Bina Mulia ini, penyebab dirinya susah tidur karena banyak pikiran dan banyak yang chat. “Efek dari banyak pikiran bikin aku jadi susah tidur. Aku emang tipe yang terlalu mikirin sesuatu sih. Selain itu banyaknya chat juga ikut bikin susah tidur. Apalagi kalo notif dari group chat yang nggak ada habis-habisnya. Itu bikin mata jadi melek terus buat balas chat. Solusi biar bisa cepat tidur sih main hp sampe ngantuk,” ceplos dara yang ngendon di jalan Wonobaru ini. Kalo udah banyak pikiran emang berpengaruh banget dengan jam tidur kita. Makanya guys, usahakan jangan terlalu berlebihan dalam memikirkan sesuatu biar kamu nggak susah tidur. (ind)

 

Berita Terkait