Aksi Sosial AiXin Sambut Natal 2015; Kunjungi Gereja & Panti, Berbagi Ratusan Angpau

Aksi Sosial AiXin Sambut Natal 2015; Kunjungi Gereja & Panti, Berbagi Ratusan Angpau

  Minggu, 20 December 2015 13:32
IDIL AQSA AKBARY/PONTIANAK POST

Berita Terkait

Berbagi kasih dengan cara memberi bantuan tunai langsung kepada warga kurang mampu jelang hari besar keagamaan, merupakan program rutin AiXin. Menyambut Natal dan Tahun Baru 2015 ini, aksi sosial kembali digelar. Ratusan angpau dibagikan melalui gereja, serta mendatangi panti asuhan dan panti jompo.

 

IDIL AQSA AKBARY, Pontianak

 

SELAIN menggelar beragam kegiatan sosial, AiXin atau Wadah Himpun Kasih (WHK) juga rutin memberi bantuan saat hari besar keagamaan, seperti Idulfitri, Imlek, Natal, dan Tahun Baru. Dimulai pada Minggu (13/12) lalu, atas bantuan koordinasi Gereja Bunda Kasih di Jeruju, Kecamatan Pontianak Barat, AiXin melakukan sembahyang misa bersama dengan 118 warga kurang mampu di lingkungan Gereja. Rombongan AiXin sebanyak 22 orang yang dipimpin Kepala Seksi Umum Ng Tiak Tong dan Thomas Dji Bie Sin tersebut, juga menyerahkan bantuan tunai langsung.

Dilanjutkan pada Sabtu (19/12) pagi, Sekretaris AiXin Frendys Lu dan Kepala Divisi Usaha Phang Song Meng, meyerahkan bantuan tunai untuk warga kurang mampu, melalui data akurat dari Gereja di Gereja Katedral Pontianak. Bantuan tersebut diterima langsung oleh Sun Khiauw selaku penanggung jawab aksi sosial Natal.

“Selanjutnya AiXin juga meyerahkan 57 amplop bantuan tunai dengan maksud yang sama melalui Gereja Keluarga Kudus di Kota Baru, yang diterima oleh Ketua Bidang Sosial Gereja Pius Daren,” jelas Sekretaris AiXin Frendys Lu.

Sebagai pembagian tugas dalam kebersamaan, di hari yang sama, rombongan AiXin yang lain, dipimpin langsung Ketua Yap Cie Hun melakukan aksi sosial, dengan tujuan dan maksud yang sama. Mereka memberi kasih kepada penghuni Panti Asuhan dan Panti Jompo Wreda Graha Kasih Bapak di Jalan Adi Sucipto KM 11,8, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya.

Untuk panti jompo, angpau diberikan kepada 37 penghuni plus enam pengurus dan tiga pengasuh. Sebagai Ketua Panti, Santi mengatakan sangat bersyukur dengan bantuan yang didapat. “Setidaknya mereka diperhatikan, mendekati natal selalu banyak yang bantu dan memberikan sumbangan, termasuk AiXin yang rutin tiap tahun datang,” ucapnya.

Sementara di panti asuhannya terdapat 38 anak yang mendapat bantuan. Mereka pun telihat bahagia mendapat kunjungan. Kepala Panti Ika (43) juga mengaku sangat bersyukur atas bantuan yang didapat. “Uangnya bisa mereka pakai untuk membeli sesuatu saat Natal, bisa beli baju atau hal lain keperluan pribadi,” katanya.

Setelah dari Sungai Raya, rombongan melanjutkan aksi sosialnya ke dua panti di Pontianak Utara. Bantuan yang sama juga disampaikan secara langsung kepada penghuni Panti Jompo Graha Werdha Marie Joseph di Jalan Budi Utomo, Siantan. Ada 23 oma dan 11 opa yang diberi bantuan tunai. Di sana rombongan disambut dengan baik oleh Suster Imelda sebagai pengurus panti. “Terima kasih, kami terima bantuan ini dengan penuh suka cita,” ujar Suster Imelda.

Kemudian yang terakhir mengunjungi Yayasan Hati Nurani, Panti Asuhan Teresa Bakti di Jalan Khatulistiwa KM 5. Di sana rombongan didoakan oleh seluruh anak-anak penghuni panti. Mereka semua bersyukur karena sudah dibantu dan membalas dengan doa, agar selalu disehatkan serta mendapat keberkahan atas apa yang sudah diberikan. Setelah berdoa, Ketua Yayasan Rufina Phang memimpin anak-anak untuk bernyanyi bersama. Suasana bahagia mengakhiri aksi sosial AiXin kemarin.

Ketua Ai Xin Yap Cie Hun berharap apa yang telah mereka lakukan bisa menginspirasi pihak manapun. Baik perorangan atau kelompok, agar bersama-sama bisa berbagi dengan mereka yang kurang mampu. “Kasih tiada batas dan tidak mengenal siapapun, semoga apa yang kami berikan bisa bermanfaat dan digunakan sebaik mungkin,” harapnya.

Diketahui semua dana sosial yang diberikan berasal dari iuran sosial anggota yang terkumpul, serta titipan atau sumbangan dari dermawan-dermawan yang selalu mendukung program sosial AiXin. Perkumpulan Wadah Himpun Kasih-AiXin adalah perkumpulan sosial lintas agama, lintas profesi, dengan tujuan memberi kasih kepada sesama yang memerlukan. Dengan motto: Kasih tiada batas dan dasar 5K, yakni, kebersamaan, ketulusan, keikhlasan, kejujuran, dan kerukunan. Pada Oktober 2015 lalu, AiXin baru saja merayakan ultah kedua, di mana hingga kini mereka telah diperkuat 230 anggota yang 80 persennya pasangan suami istri.**

Berita Terkait